Michelin Siapkan Ban Khusus untuk Mobil Listrik Alpine A290
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 24 Desember 2023 11:00 WIB
Mobil listrik Alpine A290 gunakan ban Michelin khusus. (Foto: Alpine)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaMichelin telah melakukan pengembangan untuk ban khusus mobil listrik Alpine Cars. Dua orang penting dari perusahaan yakni Philippe Mérimée, penanggung jawab pengendalian dan pengendaraan Alpine, and Frédéric Brigaud, Michelin Technical Account Manager khusus untuk Alpine memastikan bahwa mobil listrik Alpine tetap mempertahankan kesenangan berkendara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemitraan yang terjalin antara kedua perusahaan saat ini semakin kental karena mengikuti tradisi panjang yang dimulai pada tahun 1960an, pada saat Michelin berkomitmen terhadap pengembangan teknologi radial yang merevolusi dunia ban.

Melengkapi balapan Formula 3 Alpine, menampilkan suspensi yang dapat disesuaikan, berkontribusi pada penyempurnaan konsep dan menghilangkan fenomena breakaway pada kecepatan tinggi yang menghambat pekerjaan para insinyur Michelin.

Dua orang penting dari perusahaan yakni Philippe Mérimée, penanggung jawab pengendalian dan pengendaraan Alpine, and Frédéric Brigaud, Michelin Technical Account Manager khusus untuk Alpine. (Foto: Alpine)

“Nilai dari asosiasi kami berasal dari fakta bahwa hal ini memungkinkan untuk meletakkan fondasi bagi proyek pengembangan bersama yang sesungguhnya pada tahap yang sangat awal,” ujar Philippe Mérimée.

Beralih dari Alpine A110 berpenggerak roda belakang dan mesin pembakaran internalnya ke Alpine A290 berpenggerak roda depan serba listrik, penjelasan singkat ini mencakup area yang benar-benar baru di Alpine. “Kami harus menilai kembali nilai-nilai merek,” kata Philippe Mérimée. 

“Dalam hal kendaraan listrik, konsumsi energi yang hemat adalah parameter utamanya,” jelas Philippe.

Produsen kendaraan cenderung menentukan ukuran ban kepada pemasoknya, namun Michelin terlibat erat dalam proses pengambilan keputusan yang sangat strategis terkait Alpine A290 ini. 

Ban Michelin untuk mobil listrik Alpine A290. (Foto: Alpine)

“Ukuran ban sangat penting untuk mencapai tingkat kinerja dinamis, ketahanan, massa, jangkauan, dan efisiensi energi yang diperlukan,” kata Frédéric Brigaud.

Pilihan untuk Alpine A290 akhirnya ditentukan pada 225-40-R19, yang setara dengan lebar tapak 225mm, dipadukan dengan tinggi dinding samping 45mm dan diameter pelek 19 inci. 

Sementara itu, dua varian berbeda telah dipilih untuk model ini: Pilot Sport S5, ban performa tinggi yang tersedia secara eksklusif sebagai perlengkapan asli, dan Pilot Sport EV yang lebih menekankan efisiensi energi melalui hambatan gulir yang rendah.

Pilihan Editor: Alpine A110 R Le Mans Diproduksi Terbatas 100 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi