Pertamina Bakal Hapus Pertalite Tahun Ini
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 15 Januari 2024 08:20 WIB
Pengendara sepeda motor mengisi bensin di SPBU Pertamina. TEMPO/Eko Siswono Toyudho
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pertamina bakal menghapus bensin termurahnya Pertalite pada tahun 2024 ini. Pertalite diketahui merupakan bahan bakar subsidi yang masih dijual dengan harga Rp 10 ribu per liter.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menyebut pihaknya berencana menghapus Pertalite dari daftar BBM dan menggantinya dengan Pertamax Green 92 yang merupakan bahan bakar bioetanol, seperti halnya Pertamax Green 95 yang dijual saat ini.

Penyetopan Pertalite di tahun ini, diklaim sudah sesuai dengan aturan Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kehutanan (KLHK), agar lebih ramah lingkungan meski statusnya subsidi.

"BBM subsidi kita naikkan dari RON 90 ke RON 92, karena aturan KLHK oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91," ucap Nicke Widyawati dikutip dari Youtube DPR RI saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI tahun lalu.

Nicke menambahkan, nantinya Pertamina hanya akan menyediakan 3 produk untuk mesin bensin kendaraan bermotor. Yaitu Pertamax Green 95, Pertamax Turbo (RON 98), dan Pertamax Green 92.

“Pertamax Green 92 dengan mencampur RON 90 dengan 7 persen etanol, Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8 persen etanol,” tutur dia.

Dengan begitu Pertamina juga nantinya akan meningkatkan kebutuhan etanol yang terbuat dari sari tebu di Pertamax Green 95 untuk tahun depan. Di awal kemunculannya pada bulan lalu, perusahaan pelat merah itu hanya mencampurkan 5 persen etanol.

“Jadi ada dua green gasoline, dan green energy low carbon yang akan menjadi produk Pertamina,” Nicke Widyawati menjelaskan.

Nicke Widyawati kemudian menyebut terkait agar pajak cukai etanol saat proses impor dibebaskan untuk melancarkan pembuatan Pertamax Green 92 pada tahun depan sebagai pengganti Pertalite.

Pilihan Editor: Harga BBM Pertamina Non Subsidi Turun per Januari 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi