Stellantis Hadirkan Platform STLA Large Berbasis Baterai
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 22 Januari 2024 11:27 WIB
STLA Large memenuhi kebutuhan masyarakat global akan kendaraan penumpang berdimensi besar. (Foto: Stellantis)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaStellantis NV memperkenalkan STLA Large, berupa platform BEV-native terbaru dan sangat fleksibel dan bisa menjadi basis bagi berbagai kendaraan masa depan untuk pasar global di segmen D dan E. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Platform ini memungkinkan beberapa kemampuan terdepan di segmennya berupa energi tertanam, efisiensi pengisian daya, dinamika kendaraan berkinerja tinggi, dan berkendara off-road Trail Rated. 

Kendaraan bongsor berbasis STLA Large merupakan inti dari permintaan pelanggan di pasar utama global dan akan digunakan pertama kali di pasar Amerika Utara di merek Dodge dan Jeep. Akan diikuti juga oleh merek lain termasuk Alfa Romeo, Chrysler dan Maserati. 

Akan ada delapan kendaraan yang diluncurkan pada 2024-2026. Platform STLA Large dirancang dengan fleksibilitas teknologi tak tertandingi yang memungkinkan tingkat keragaman kendaraan yang lebih besar dan kualitas terbaik serta kepuasan pelanggan dari serangkaian komponen dasar, bersama dengan proses manufaktur yang kuat dan hemat biaya yang dapat diduplikasi di beberapa pabrik perakitan. 

STLA Large dirancang dan direkayasa sebagai platform BEV asli dengan pilihan arsitektur listrik 400 volt dan 800 volt. (Foto: Stellantis)

Produk-produk yang akan datang akan mencakup spektrum penuh jenis kendaraan, mulai dari mobil sedan, crossover, hingga SUV, yang semuanya akan memberi pelanggan manfaat tenaga listrik berupa respons torsi instan yang dipadukan dengan tanpa emisi. Pengumuman produk khusus merek akan dimulai tahun ini.

Fleksibilitasnya mencakup sistem propulsi platform unibody. STLA Large dirancang dan direkayasa sebagai platform BEV asli dengan pilihan arsitektur listrik 400 volt dan 800 volt.

Three-in-one electric drive modules (EDM) yang menggabungkan motor penggerak, power inverter, dan reduksi gir bisa dikonfigurasikan di penggerak roda depan, gerak roda belakang, dan penggerak empat roda.

Platform ini awalnya menyertakan opsi paket baterai dengan tingkat energi antara 85 dan 118 kilowatt-jam (kWh). STLA Large menargetkan jangkauan keseluruhan 800 km. Bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 2 detik. Sistem pengisian cepat 4,5 kWh per menit ke baterai 800 volt.

Sebagai bayangan platform STLA Large untuk panjang bisa mulai dari 4.764 mm hingga 5.126 mm, lebar 1.897 mm - 2.030 mm. Sumbu roda bisa hadirkan ukuran 2.870 mm - 3.075 mm dan ground clearance mulai dari 140 mm - 288 mm. Ban yang bisa dipasangkan diameter maksimal 32,6 inci.

Pilihan Editor: Stellantis dan Ample akan Terapkan Swap Baterai di Fiat 500e

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi