Suzuki Berkomitmen Fokus pada Kendaraan Ramah Lingkungan di Indonesia
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 26 Januari 2024 09:00 WIB
Suzuki Indomobil Sales kabarkan hasil positif di GIIAS Bandung 2023, 22-26 November. (Foto: Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menegaskan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang lebih ramah lingkungan. Seiring dengan perkembangan masyarakat Indonesia, Suzuki mengamati peningkatan kesadaran akan pentingnya menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan serta berpartisipasi aktif dalam keberlanjutan lingkungan sekitar.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Suzuki Indonesia juga mengklaim telah menghadirkan berbagai pilihan kendaraan, termasuk mobil, motor, dan mesin tempel (outboard-motor) yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta mengikuti perkembangan teknologi yang lebih ramah lingkungan.

Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning PT SIS mamaparkan kontribusi pihaknya terhadap isu lingkungan, visi Suzuki Global, dan target Pemerintah Indonesia difokuskan pada produksi kendaraan hybrid.

"Sejak tahun 2022, Suzuki telah memproduksi kendaraan roda empat berteknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), sebuah teknologi hybrid yang mampu mengurangi emisi gas buang," ujar Joshi Prasetya di Jakarta pada Kamis, 25 Januari.

Joshi menambahkan Suzuki secara konsisten juga memproduksi sepeda motor berteknologi Suzuki Eco Performance (SEP) dan mesin tempel kapal berjenis 4-stroke. Ini bertujuan untuk meminimalisir emisi yang dihasilkan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih, khususnya dalam sektor otomotif.

Upaya tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dengan mengintegrasikan teknologi yang dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Masyarakat Indonesia memberikan tanggapan positif terhadap inisiatif ini, terbukti dengan angka penjualan ritel kendaraan hybrid Suzuki yang mencapai 36 persen dari total penjualan Suzuki pada segmen passenger car. All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid, dan Grand Vitara, yang menawarkan fitur canggih dengan harga terjangkau, berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 13,557 unit sepanjang tahun 2023 dari total penjualan passenger car sebesar 37,853 unit.

Selain itu, Suzuki juga mengkampanyekan mesin tempel berjenis 4-stroke pada kategori mesin tempel, dengan tujuan mengurangi emisi hingga 50 persen dibandingkan dengan jenis 2-stroke.

Melalui teknologi Lean Burn Control System, Electronic Fuel Injection, kompresi rasio mesin yang tinggi, serta ukuran mesin yang ringan dan kompak, Suzuki berupaya mendorong penggunaan mesin 4-stroke pada mesin tempel kapal untuk mendukung keberlanjutan lingkungan perairan.

"Inisiatif-inisiatif ini merupakan langkah konkrit Suzuki Indonesia sebagai perusahaan yang berkomitmen pada lingkungan, didukung oleh implementasi Suzuki Green Policy dan sistemisasi smart factory di Pabrik," tutur Joshi Prasetya.

Pilihan Editor: Mobil Hybrid Suzuki Kian Banyak Peminat

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi