Pentingnya Pilih Kaca Film Tidak Terlalu Pekat, Waspadai Bahayanya!
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 29 Januari 2024 10:04 WIB
Wincos hadirkan kaca film yang bisa dipakai untuk mobil balap. (Foto: TEMPO/Erwan Hartawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaBerkendara ketika malam hari ditambah hujan, memerlukan kewaspadaan tinggi terhadap lingkungan sekitar saat berkendara ketika gunakan kaca film pekat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penerangan optimal dari lampu utama dan lampu jalan raya sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. Salah sedikit saja, bisa menjadikan insiden yang tak diinginkan oleh para pengendara mobil.

Minimnya pandangan ke sekitar jalan raya juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan kaca film yang terlalu pekat, sehingga mengganggu kemampuan memantau sekitar oleh pengendara.

"Beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik kendaraan saat memilih kaca film adalah memilih yang tingkat kegelapannya terlalu gelap, baik itu dari arah dalam ke luar maupun dari luar ke dalam. Menggunakan kaca film yang terlalu gelap dari dalam sangat mengganggu, terutama saat pengemudi harus melihat ke arah belakang," terang Betty Anjarini, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Krisant Pundimas Sejahtera, distributor kaca film brand Wincos.

Betty Anjarini memaparkan bahwa pentingnya faktor visibilitas dalam berkendara, tentu pemilihan kaca film juga tidak boleh asal dan sembarangan. Kaca film yang buruk tentu semakin memperparah kualitas penglihatan ketika menyetir di kondisi hujan atau malam hari.

“Dengan visibilitas yang baik akan memungkinkan pengemudi melihat objek di sekitar kendaraan secara lebih jelas untuk menghindari potensi bahaya yang akan terjadi,” saran Betty Anjarini.

“Terobosan terbaru dari kaca film saat ini adalah Night View Control Technology. Dengan teknologi terbaru yang ada di kaca film tersebut memungkinkan pengemudi dalam mendapatkan pandangan ke depan yang lebih terang di malam hari atau saat kondisi pencahayaan yang kurang terang di luar kendaraan akibat hujan atau kondisi berkabut. Teknologi ini membuat visibilitas pengendara menjadi lebih optimal tanpa perlu khawatir lagi berkendara saat gelap," yakin Betty Anjarini.

Betty Anjarini juga memberikan tips bagaimana memilih kaca film yang baik agar tetap nyaman. Saat ingin mengganti atau memasang kaca film sebaiknya pilih kaca film yang sesuai dengan kebutuhan. Kaca film saat ini tersedia dalam berbagai pilihan tingkat kegelapan, mulai dari 20% hingga 80%. 

“Pilih tingkat kegelapan kaca film yang sesuai dengan kondisi pencahayaan di daerah Anda. Selain itu, penting untuk memastikan aplikasi kaca film dilakukan oleh tenaga profesional dan terlatih. Karena proses pemasangan atau penempelan kaca film yang tidak tepat bisa mengurangi efektivitas kaca film," jelas dia.

Pilihan Editor: Marak Lagi Pecah Kaca Mobil, Ini Cara Menghindarinya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi