Pertamina Ungkap Alasan Tidak Naikkan Harga BBM pada Awal Februari 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 5 Februari 2024 09:28 WIB
Petugas melayani konsumen yang mengisi bahan bakar non subsidi di SPBU Pertamina wilayah Jakarta. (Tempo/Tony Hartawan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Pertamina (Persero) tidak melakukan penyesuaian harga jual bahan bakar minyak (BBM) pada awal Februari 2024. Padahal, harga BBM Pertamina biasanya sering mengalami perubahan bersama para penyedia BBM lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti diketahui, pada Februari ini harga Pertamax tetap Rp 12.950 per liter, Pertamax Green 95 Rp 13.900 per liter, Pertamax Turbo Rp 14.400 per liter, Dexlite Rp 14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp 15.100 per liter.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, menyebut harga BBM di SPBU Pertamina tidak mengalami kenaikan karena pihaknya serius menjalankan efisiensi dengan digitalisasi yang terintegrasi di semua proses bisnis dari hulu ke hilir.

Hal tersebut yang berdampak terhadap efisiensi biaya produksi sehingga bisa memberikan harga terbaik untuk masyarakat.

"Melalui digitalisasi ini yang bisa mengubah operating model atau cara bekerja yang pada akhirnya bisa menciptakan value dalam bentuk cost optimization. Sehingga Pertamina bisa memproduksi dan memberikan BBM dengan harga terbaik kepada masyarakat," ujar Nicke, dikutip dari Antara, Senin, 5 Februari 2024.

Nicke menambahkan, harga jenis BBM Non Subsidi bersifat fluktuatif mengikuti komponen penentuan harga antara lain harga minyak mentah dan nilai kurs, termasuk kondisi sosial ekonomi masyarakat.

"Harga BBM di SPBU Pertamina lebih kompetitif. Sebagai BUMN, dalam penetapan harga BBM Non Subsidi, kami tetap mempertimbangkan banyak aspek, termasuk daya beli masyarakat," tutur Nicke.

Di sisi lain, Menteri BUMN Erick Thohir, mengatakan, Pemerintah mendukung keputusan Pertamina untuk tidak menaikkan harga BBM Non Subsidi. Walaupun harga di SPBU kompetitor lain sudah naik.

"Keputusan Pertamina tidak menaikkan harga BBM tentu baik untuk menjaga stabilitas dan juga daya beli masyarakat. Di sinilah peran BUMN kepada masyarakat. Pertamina juga sudah melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya sehingga bisa menghasilkan BBM dengan harga terbaik,” kata Erick.

Pilihan Editor: Pertamina Bakal Hapus Pertalite Tahun Ini

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi