Tes MotoGP Qatar: Kekurangan Motor Honda Menurut Takaaki Nakagami
Reporter: Tempo.co
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 26 Februari 2024 08:00 WIB
Pembalap LCR Honda, Taakaki Nakagami. (instagram/@motogp)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Takaaki Nakagami belum bisa tampil maksimal di tes MotoGP Qatar pada 19-20 Februari 2024. Pembalap tim satelit LCR Honda tersebut bahkan tidak bisa menembus posisi 15 besar dalam dua kesempatan berbeda.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada hari pertama tes MotoGP Qatar 2024, Takaaki Nakagami hanya bisa menempati peringkat ke-17 dengan catatan waktu 1 menit 53,208 detik. Dirinya tertinggal 1,168 detik dari pembalap tercepat, yaitu Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team).

Posisinya turun ke urutan 18 di hari kedua tes MotoGP Doha 2024 lewat raihan waktu 1 menit 52,384 detik. Meski begitu, performanya lebih baik dari dua pembalap tim pabrikan Repsol Honda, yakni Joan Mir (P19) dan Luca Marini (P20).

“Jujur kalau saya tidak melihat posisinya, maka saya sebenarnya harus mengatakan kami sudah mengambil langkah. Kami satu detik lebih cepat dibandingkan terakhir kali bersama Honda. Saya rasa Honda telah mengambil langkah besar,” ujar dia, dikutip Tempo dari Speedweek.

“Tetapi ketika saya melihat posisinya, keempat (rider) Honda ada dalam satu paket. Kesenjangannya tetap sama seperti tahun lalu karena pabrikan lain juga mengalami peningkatan, Anda dapat melihatnya dengan jelas,” tambah Takaaki Nakagami.

Lebih lanjut pembalap berkebangsaan Jepang tersebut menilai bahwa mesin motor balap Honda telah membaik. Dirinya juuga mengatakan bahwa sistem pengereman Honda RC213V juga lebih stabil. Meski begitu, ia juga merasakan beberapa masalah pada motor balapnya.

“Motor 2023 mungkin yang tersulit sejauh ini, terus bergetar dan sulit merasakan apa yang terjadi. Tapi ini adalah langkah besar bagi saya sekarang. Pegangan saya masih kurang di bagian belakang, tapi kami pasti bisa memperbaikinya. Masih ada area kecil, dan kami masih banyak bermain dengan elektronik,” jelas dia.

“Performa maksimal dengan ban baru masih kurang, kami tentu belum berada di level yang sama dengan Ducati. Saya tidak tahu seberapa kuat cengkeraman mereka. Tapi sepertinya itu masih lebih dari satu detik, itu terlalu banyak. Saya mendorong seperti orang gila. Kami tidak punya banyak waktu tersisa dan saya harap kami bisa memperkecil jarak," tutup dia.

SPEEDWEEK

Pilihan Editor: Luca Marini Bicara Kelemahan Motor Honda Usai Tes MotoGP Qatar

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi