Ambisi Huawei Bikin Charger Mobil Listrik: Ngecas 1 Detik untuk 1 Km
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 29 Februari 2024 06:57 WIB
Yotai Energy PV melperkenalkan Energy Storage EV Charging Station berteknologi dari Huawei liquid-cooled supercharging architecture. (Foto: Yotai Energy)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Presiden Energi Digital Huawei, Hou Jinlong, mengatakan bahwa semua kendaraan listrik akan segera beralih ke charging station bertegangan tinggi untuk mencapai kecepatan pengisian daya yang luar biasa. Tak tanggung-tanggung, raksasa teknologi Cina ini menargetkan bisa daya tempuh 1 kilometer setiap detik pengisian daya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Prestasi ini dapat merevolusi industri pengisian daya kendaraan listrik dan menghilangkan kekhawatiran akan jangkauan bagi pemilik kendaraan listrik," kata Hou Jinlong, dikutip dari situs CarNewsChina pada hari ini, Kamis, 29 Februari 2024.

Hou memproyeksikan peningkatan signifikan dalam kepemilikan kendaraan listrik selama dekade berikutnya, sehingga menciptakan lonjakan permintaan charging station. Untuk memenuhi permintaan ini, Huawei bertujuan untuk menghadirkan kecepatan pengisian daya yang sangat cepat.

"Secara historis, kecepatan pengisian daya yang lambat dan infrastruktur pengisian daya yang terbatas telah menghambat adopsi kendaraan listrik secara luas," ucapnya.

Meskipun biaya peralatan pengisian daya ultra cepat telah menjadi kekhawatiran bagi beberapa operator charging station. Namun, Huawei menekankan bahwa fokusnya harus pada biaya per kWh daripada belanja modal awal atau CAPEX.

Dengan berinvestasi pada teknologi keamanan baterai dan mengoptimalkan proses charging.station, Huawei memastikan pengalaman pengisian daya yang aman dan efisien bagi pemilik kendaraan listrik, sehingga semakin meningkatkan daya tarik stasiun pengisian daya mereka.

Baru-baru ini, Huawei memperkenalkan stasiun pengisian daya ultra-cepat berpendingin cairan untuk memenuhi kebutuhan pengisian daya berkecepatan tinggi. Dengan daya keluaran maksimum 600 kW dan arus maksimum 600 Ampere, stasiun pengisian daya ini dapat mencapai kecepatan pengisian satu kilometer per detik.

Charging station tersebut mendukung berbagai macam kendaraan listrik, termasuk model dari merek Nio, Tesla, Xpeng, dan Li Auto, juga kendaraan komersial dan truk kargo. Huawei berencana membuat lebih dari 100.000 charging station berpendingin cairan di lebih dari 340 kota dan jalan raya utama di Tiongkok.

DICKY KURNIAWAN | CARNEWSCHINA 

Pilihan Editor: Volkswagen, Audi, Porsche, dan Scout Motors akan Pakai Charger Tesla

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi