Berprestasi di Balap Gokart Internasional, Qarrar Firhand Ali Diharapkan Bisa Masuk Formula 1
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 1 Maret 2024 13:50 WIB
Qarrar Firhand Ali saat berlatih di South Garda Karting, Brescia, Italia, Kamis, 29 Februari 2024. Dok TEMPO.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap muda Indonesia, Qarrar Firhand Ali, kini berlaga di ajang balap gokart internasional di Italia. Ada tiga kejuaraan yang diikuti Qarrar di Negeri Piza itu, yakni World Karting Series Championship, Italian Championship Karting Series, dan ROK Cup Championship.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sang ayah, Firhand Ali, mengatakan bahwa Italia dengan berbagai ajang balap mobilnya menjadi kiblat balapan empat roda. Dia menjelaskan bahwa semua pembalap mobil di dunia berasal dari ajang balap gokart.

"Mau itu Formula 1, reli, awal-awalnya dari sini, waktu mereka masih berumur di bawah 15 tahun. Setelah 15 tahun, baru akan ada pembagian, ada yang mobil, ada yang Formula, ada juga yang reli. Tapi, semua akademi balap, Mekkah-nya di sini," kata Firhand saat ditemui Tim Tempo di Italia, Kamis, 29 Februari 2024.

Saat ditanya apa cita-citanya di ajang balap, Qarrar dengan yakin menjawab Formula 1 sebagai tujuan utamanya. 

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan bahwa berlaganya Qarrar di Italia, khususnya di ajang gokart internasional, dapat menjadi batu loncatan pembalap muda ini untuk bisa berlaga di ajang balap mobil profesional kelas dunia.

"Semakin mendekatkan dirinya bergabung dalam tim balap internasional, sehingga kelak bisa terjun mewakili Indonesia dalam kejuaraan balap bergensi Formula 1," kata Bamsoet, dikuti dari akun Instagram resminya.

Saat ini, Qarrar berlaga di bawah bendera Tim Parolin Racing Kart. Di ajang balap gokart Italia, Qarrar menjadi salah satu pembalap utama di Tim Parolin. Qarrar direkrut tim pabrikan tersebut berkat prestasinya di dunia balap gokart.

"Qarrar ini resultnya bagus, jadi pabrikan Parolin mengambil dengan special price, karena Qarrar punya prestasi. dia menjadi salah satu pembalap utama di situ," ucap Firhand.

Indonesia pernah memiliki Rio Haryanto yang tampil sebagai pembalap reguler balap Formula 1 bersama tim Manor Racing di musim 2016. Hingga saat ini, Rio masih menjadi satu-satunya pembalap Indonesia yang tampil secara reguler meski hanya berlangsung setengah musim di saat itu. 

Sebelumnya Rio bertarung secara berjenjang, juga dari gokart, Formula Asia, GP3 (sekarang F3), GP2 (F2), hingga F1. 

Pembalap lain yang juga pernah mencicipi kencangnya mobil Formula 1 adalah Sean Gelalel. Dia menjadi pembalap penguji dan cadangan tim Toro Rosso pada musim 2017 hingga 2019. 

Bisa jadi, suatu saat nanti Qarrar menjadi penerus bagi Rio dan Sean di balap Formula 1. 

Pilihan Editor: Pembalap Indonesia Qarrar Firhand Ali Naik Podium di Italia

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi