Perjalanan Pembalap Muda Indonesia Qarrar Firhand Ali Berlaga di Balap Gokart Internasional
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 1 Maret 2024 13:32 WIB
Qarrar Firhand Ali saat berlatih di South Garda Karting, Italia, Kamis, 29 Februari 2024. Dok Tempo.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap muda asal Indonesia, Qarrar Firhand Ali, kini tengah merintis karier dan mulai membalap di ajang gokart internasional di Italia. Perjalanan Qarrar di Negeri Piza ini dimulai setelah dirinya mencatatkan segudang prestasi dalam ajang balap gokart lokal dan regional, bahkan sempat bertengger di rangking dua Asia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Sewaktu dia umur 8, 9, dan 10 tahun, dia kan sudah juara nasional dan rangking dua Asia. Ya enggak ada jenjang lain kecuali dia pindah ke Italia," kata sang ayah, Firhand Ali, saat ditemui Tim Tempo di South Garda Karting, Brescia, Italia, Kamis, 29 Februari 2024.

Saat pindah ke Italia, Qarrar berumur 11 tahun dan masuk ke kelas Mini ROK Cup Championship 2024 Italy, salah satu balapan gokart bergengsi di Italia. Berlaga di kelas Mini ini, Qarrar sukses menyandang gelar pembalap rangking lima dunia.

"Umur 12 tahun, dia pindah ke Junior karena umur dan badannya sudah bisa naik ke Junior. Di kelas Amatir, di kejuaraan ROK, dia finis ketiga, naik podium, dan rangking dua overall Italia," ujar Firhand.

Menginjak usia 13 tahun, Qarrar naik kelas tertinggi di kejuaraan gokart kelas dunia tersebut, yakni kelas Profesional. Dalam tiga balapan terakhirnya, sang ayah mengungkapkan bahwa Qarrar sukses finis di posisi 10 dan posisi 9.

"Ada satu balapan dia tidak finis karena tabrakan. Tapi, Alhamdulillah, kita konsisten berada di top ten di kelas paling tinggi, profesional di gokart, kita sudah di posisi itu," ucap Firhand.

Saat ini, Qarrar berlaga di bawah bendera tim pabrikan, Parolin Racing Kart. Di ajang balap gokart Italia, Qarrar menjadi salah satu pembalap utama di Tim Parolin. Qarrar direkrut tim pabrikan tersebut berkat prestasinya di dunia balap gokart.

"Qarrar ini result-nya bagus, jadi pabrikan Parolin mengambil dengan special price, karena Qarrar punya prestasi. Dia menjadi salah satu pembalap utama di situ," ucap Firhand.

TIM TEMPO

Pilihan Editor: Pertamina Lubricants Sebut Pelumasnya akan Digunakan di Balap MotoGP

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi