Pertamina Lubricants Sebut Pelumasnya akan Digunakan di Balap MotoGP
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 1 Maret 2024 08:11 WIB
Pertamina Enduro VR46 Racing Team rilis tim untuk MotoGP 2024 di Italia. (Dok VR46)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Produsen pelumas PT Pertamina Lubricants memulai debut sebagai sponsor utama tim balap milik Valentino Rossi di ajang MotoGP musim ini. Tim ini akan menggunakan nama Pertamina Enduro VR46 Racing Team dan akan menjalani debut pada seri perdana di Sirkuit Internasional Lusail, Qatar, 8-10 Maret 2024. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Direktur Sales & Marketing Pertamina Lubricants, Sari Rachmi, mengatakan bahwa kerja sama dengan VR46 tidak hanya sebagai sponsor utama, tetapi juga dalam hal pengembangan produk pelumas untuk masa mendatang. "Kami memilih bekerja sama dengan tim milik Rossi karena salah satunya mereka memiliki prestasi menonjol dan bisa joint development pengembangan produk," kata Sari di Jakarta, Kamis, 29 Februari 2024. 

Vice President Sales & Marketing Domestic Retail Automotive Pertamina Lubricants, Nugroho Setyo Utama, mengatakan bahwa saat ini Pertamina sudah memiliki pelumas dasar untuk motor Ducati Desmosedici GP23 yang digunakan tim VR46 Racing. "Kami nanti tinggal mengolah data dari mereka untuk memproduksi pelumas yang sesuai. Pelumas yang sudah kami miliki adalah Pertamina Enduro 10W-30," tutur dia. "Pelumas itu nantinya juga akan digunakan di motor balap VR46 Racing di MotoGP."

Sebelumnya, Pertamina Lubricants telah menjalin kerja sama dengan produsen super car asal Italia, Lamborghini. Pelumas Fastron Platinum Racing 10W-60 digunakan di mobil balap Lamborghini Huracan EVO2 untuk ajang Super Trofeo dan GT3 Series Asia. Nugroho menyampaikan kerja sama dengan Lamborghini dimulai untuk musim balap 2015, tapi perencanaan sudah sejak 2014. 

Ketika itu, kata dia, Pertamina Lubricants diminta untuk mengatasi masalah pada mesin mobil Lamborghini yang akan tampil di kejuaraan balap di Asia. Cuaca panas di Asia berpengaruh pada kinerja mesin mobil Lamborghini. Buntutnya, performa mobil akan menurun saat RPM semakin tinggi. Kami hanya diberi waktu tiga hari untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Dan sampai sekarang mereka menggunakannya untuk balapan di Asia," ujar Nugroho. 

Nugroho menambahkan Lamborghini memberikan data-data terkait mesin mereka yang digunakan untuk balapan. Lalu dianalisa di lab Pertamina dan akhirnya keluar pelumas yang sesuai untuk Lamborghini. "Jadi kami bekerja sama bersama mereka untuk menciptakan pelumas yang sesuai. Joint development. Ini yang juga akan kami lakukan di balap MotoGP bersama tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team."

Pilihan Editor: Diggia Yakin Bisa Bersaing di Podium pada MotoGP 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi