Pembalap Indonesia Sean Gelael Berhasil Finis 10 Besar di WEC 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 3 Maret 2024 18:00 WIB
BMW M Motorsport. FIA World Endurance Championship, FIA WEC, Lusail International Circuit, Team WRT, #31 BMW M4 GT3, LMGT3, Augusto Farfus, Sean Gelael, Darren Leung. (Foto: BMW)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Balapan pembuka FIA World Endurace Championship alias WEC 2024, Qatar 1.812 KM, di Losail International telah selesai digelar pada hari Sabtu, 2 Maret 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap Indonesia, Sean Gelael berhasil tampil baik bersama BMW M Team WRT #31 dengan finis di P6 dalam kelas LMGT3 FIA World Endurace Championship alias WEC 2024. 

Darren Leung rekan setim Sean Gelael menjadi pebalap pertama BMW M Team WRT #31. Dari P14, pembalap Inggris ini melakukan start dengan mulus tanpa insiden walau posisinya tak banyak berubah. Saat pit dia di P13 dan setelah selesai mendapat keuntungan karena jadi berada di P9.

Setelah itu kemudi pindah ke Sean Gelael, kerja keras dimulai karena dia diwarisi P11. Sean menyusul beberapa pembalap, Esteban Masson (Akkodis ASP Team), lalu Rui Andrade (TF Sport), Michelle Gatting (Iron Dames), dan bahkan Ahmad Al Harthy dari WRT 46 yang start dari P9. Sean Gelael menyerahkan kendali lomba kembali ke Leung dari P6.

Leung berhasil mempertahankan posisi tersebut ketika dia kemudian memberikan jatah menyetir kepada Augusto Farfus. Di tangan Farfus, posisi BMW M Team WRT #31 sempat berada di P4, di mana di antaranya dia menyusul Thomas Flohr (Vista AF Corse). Secara umum posisi WRT 31 memang saat itu sudah aman pada kisaran P4 hingga P6.

Dalam balapan sempat terjadi drama ketika kendali berpindah dari Farfus ke Sean. Pada stint pertama di malam hari, dia pakai ban baru yang dalam rencana digunakan untuk dua stint. Pada stint awal itu masih mulus. Hanya di stint kedua bannya cepat aus karena dipakai fight dengan dua mobil di depannya yang sebenarnya tidak berebut posisi dengannya.

Pemandangan horor pun terjadi di mana Sean Gelael yang tadinya berpeluang menyusul Valentino Rossi (WRT 46) malah melorot terus. Bannya sudah sangat aus dan dia tidak bisa berbuat apa-apa, hanya ingin menyelamatkan mobilnya bisa masuk ke pit dan berganti ke Farfus dengan ban baru. Saat itu, selisih WRT 31 dengan P4 dan bahkan P5 sudah terlalu jauh.

“Saya terkena traffic, ada dua mobil di depan saya yang tak memberi jalan sampai beberapa waktu dan itu membuat ban saya cepat aus. Saya bersyukur bisa finis bagus, P6, dan mobil kami pun tak bermasalah," kata Sean seusai balapan.

Efeknya, setelah itu Farfus pun tak mampu mengangkat performa BMW M Team WRT #31. Dia memilih untuk mengamankan posisi enam sebagai hasil akhir race awal.

“Secara umum performa kami sangat kuat, terutama dua mobil kami di LMGT3,” bunyi pernyataan BMW M Team WRT.

Putaran kedua FIA WEC digelar di Italia dalam balapan 6 Hours of Imola pada 21 April 2024.

Berikut Hasil Lomba Kelas LMGT3:1.    Team Manthey PureRxcing 92 (Porsche)2.    2. Heart of Racing Team 27 (Aston Martin)3.    D’Station Racing 777 (Aston Martin)4.    Team WRT 46 (BMW)5.    Vista AF Corse (Ferrari)6.    Team WRT 31 (BMW)

Pilihan Editor: F1 Bahrain 2024: Mesin Mercedes Kepanasan George Russell Gagal Naik Podium

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi