Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu: Handling dan Suspensi Terasa Nyaman
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 5 Maret 2024 16:29 WIB
Suzuki Jimny 5 Pintu melibas jalanan off-road. (DOK PT SIS)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kesempatan kepada redaksi Gooto untuk melakukan test drive Jimny 5 Pintu di wilayah Sentul, Bogor, hari ini, Selasa, 5 Maret 2024. Dalam kesempatan ini, kami menjajal Suzuki Jimny 5 Pintu di lintasan off-road.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sebelum mengendarai Jimny 5 Pintu, Gooto lebih dulu duduk di bangku penumpang belakang sambil diarahkan oleh instruktur mengenai penggunaan fiturnya. Saat menjadi penumpang, kami merasakan kenyamanan, meski melibas jalanan yang cukup menantang.

Suspensi mobil baru ini terbilang empuk atau tidak terlalu keras di bagian belakang. Dengan kata lain, Suzuki Jimny 5 Pintu cukup nyaman digunakan untuk melibas kontur jalanan off-road yang ringan dengan kecepatan mobil yang tak terlalu cepat.

Lalu saat mencoba untuk mengemudikan Jimny 5 Pintu di jalan tersebut, kami juga merasakan hal yang sama. Selain suspensi, handling mobil baru Suzuki ini juga enteng digunakan untuk bermanuver di jalanan bebatuan.

Ketika melakukan test drive Suzuki Jimny 5 Pintu, kami juga menggunakan beberapa fitur yang disematkan pada mobill ini. Salah satunya adalah Hill Hold Assist, yang berfungsi menahan mobil saat berada di tanjakan selama kurang lebih 2 detik tanpa menginjak rem.

Lalu kami juga merasakan AllGrip Pro (4x4) dengan mode 2H, 4H dan 4L. Saat melewati turunan, fitur Hill Descebt Control juga kami gunakan guna membantu pengemudi melajukan mobilnya tanpa menginjak gas dan rem.

Fitur tersebut dapat menahan akselerasi mobil sehingga tak terlalu melesat di turunan. Tak hanya itu, Jimny 5 Pintu juga dilengkapi Brake LSD yang membantu pengemudi ketika salah satu rodanya mengalami selip.

Spesifikasi Jimny 5 Pintu

Suzuki Jimny 5 pintu memiliki dimensi panjang 3.985 mm dengan jarak sumbu roda 2.590 mm. Sedangkan lebar mobil ini 1.645 mm dan tinggi 1.720 mm. Meski jarak sumbu roda menjadi lebih panjang dari Jimny 3 Pintu, Jimmy 5 pintu diklaim bisa diandalkan ketika bermain di jalur off-road.

Mesin yang digunakan sama dengan Ertiga dan Suzuki Jimny 3 pintu, yakni 4 silinder berkode K15B dengan Idle Start Stop. Kapasitas silindernya 1.462 cc, rasio kompresi 10:1, yang mampu mengeluarkan tenaga mencapai 104,8 PS pada 6.000 rpm dan torsi 134,2 Nm pada 4.000 rpm.

Jimny 5 Pintu dibekali sejumlah fitur, seperti Hill Descent Control, LSD, traction control hingga headlamp washer. Pada bagian dasbor disematkan layar infotainment Smartplay Pro Plus 9 inci yang dapat memantau kamera belakang.

Mobil baru tersebut menyediakan enam airbag untuk melindungi seluruh penumpang. Ruang bagasinya diklaim memiliki kapasitas 208 liter. Jika kursi penumpang dilipat, kapasitasnya menjadi 332 liter. 

Sekedar informasi tambahan, Suzuki Jimnya 5 Pintu diluncurkan di pasar otomotif Indonesia dengan harga mulai Rp 475,6 juta. Sedangkan tipe tertingginya dijual dengan harga Rp 465 juta. Berikut daftar harga Jimny 5 Pintu:

  • Jimny 5-door (AT) : Rp475.600.000
  • Jimny 5-door (AT – Dual Tone) : Rp478.600.000
  • Jimny 5-door (MT) : Rp462.000.000
  • Jimny 5-door (MT – Dual Tone) : Rp465.000.000.

Pilihan Editor: Tanggapan Bos Mercedes Soal Mobil Balapnya Overheat di F1 Bahrain 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi