5 Hal Baru di Balap F1 2024
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 6 Maret 2024 11:00 WIB
George Russell di F1 Bahrain 2024 mengalami kendala power unit overheating, sehingga harus meninggikan kendaraan dan meluncur di lintasan. (Foto: Mercedes)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Dimulainya musim balap F1 2024, ada sejumlah peraturan baru yang harus dipelajari oleh tim dan penggemar jet darat. Berikut beberapa perubahan yang harus diketahui pada tahun musim F1 2024.

DRS

DRS (Drag Reduction System) sekarang akan tersedia setelah satu putaran penuh setelah start atau safety car restart. Ini merupakan pergeseran dari keluar dua putaran sebelumnya.

Sprint Qualifiying

Apa yang disebut Sprint Shootout sekarang dikenal sebagai Sprint Qualifying – ini akan terus menentukan grid untuk Sprint Race.

Perubahan Format Sprint

Seiring dengan Sprint Qualifying, perubahan terbesar terjadi pada format Sprint weekend. Sekarang akan mengikuti format yang lebih konvensional sehingga elemen Sprint dan balapan penuh tetap terpisah.

  • Hari Jumat sekarang akan ada Latihan Bebas 1 diikuti dengan Kualifikasi Sprint.
  • Sabtu akan digelar Sprint Race sebelum Kualifikasi untuk balapan penuh.
  • Hari Minggu tetap sama dengan balapan penuh.

Sprint Weekend Parc Ferme

Selain perubahan baru pada format balapan Sprint, sekarang akan ada dua parc ferme, bukan satu. Yang pertama dimulai dari keluar dari Sprint Qualifying hingga dimulainya Sprint Race dan yang kedua dari berangkat ke Qualifying hingga dimulainya full race.

Hal ini mengubah kondisi dari musim lalu di mana hanya ada satu parc ferme yang berlangsung dari awal Kualifikasi pada hari Jumat sore. Hal ini membuatnya sangat sulit untuk mengunci pengaturan sepanjang akhir pekan setelah hanya satu jam latihan balap.

Time On Grid Reduced

Salah satu perubahan yang mungkin luput dari perhatian adalah kenyataan bahwa mobil-mobil tersebut akan berada di grid 10 menit lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan setelah waktu di grid diperpanjang tahun lalu untuk mengakomodasi sejumlah upacara pra-balapan.

Pilihan Editor: F1 Bahrain 2024: Bos Scuderia Ferrari Jawab Kekecewaan Charles Leclerc

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi