Xpeng dan AeroHT Wujud Mobil Terbang
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 7 Maret 2024 14:00 WIB
Xpeng dan AeroHT wujudkan perpaduan tambahan VTOL. (Foto: AeroHT)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Baru-baru ini muncul gambar spy shot dari mobil listrik lansiran Xpeng Motors, Land Carrier. Menariknya, wujud mobil terbang ini tak seperti pesawat, melainkan sebuah SUV besar yang memiliki enam roda, dengan konfigurasi dua roda depan dan empat roda belakang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Disitat dari laman CarNewsChina pada hari ini, Kamis, 7 Maret 2024, Xpeng mengumumkan rencana resminya untuk memulai poduksi massal mobil terbangnya pada kuartal keempat tahun 2025. Nantinya, mobil terbang ini akan dijual oleh mitranya Huitian atau AeroHT.

Proyek mobil terbang ini telah dikerjakan sejak lama dan Xpeng telah mengajukan patennya tahun lalu. Xpeng memiliki tiga model mobil terbangnya, pertama X2 yang merupakan pesawatan tipe VTOL tradisional, kemudian ada Land Carrier yang berbentuk SUV roda enam, dan satu lagi tidak disebutkan namanya, namun fungsinya seperti mobil terintegrasi VTOL.

Xpeng dan AeroHT. (Foto: Xpeng)

Iterasi Xpeng, Land Carrier memiliki desain modular di mana VTOL yang terpasang tidak memiliki roda, lebih menyerupai helikopter kecil. Desain ini membantu pergerakan darat namun menimbulkan tantangan dalam waktu penerbangan yang lama karena konsumsi energi yang tinggi. 

Xpeng dan AeroHT awalnya berencana meluncurkan mobil terbang pertamanya di tahun ini dengan banderol 1 juta yuan atau sekitar Rp 2 miliar. Namun, rencana tersebut terpaksa ditunda dan diundur hingga tahun depan.

Seiring berkembangnya industri, biaya yang dapat dikurangi, membuat terbang lebih mudah diakses di masa depan. Namun, di luar kemajuan teknologi, membuka ruang bagi mobil terbang memerlukan perubahan regulasi. Di Cina misalnya, ada larangan penerbangan pada ketinggian rendah di banyak wilayah dan ini menjadi tantangan besar yang belum diatasi.

DICKY KURNIAWAN | CARNEWSCHINA

Pilihan Editor: Mercedes-Benz EQV dan V-Class Makin Mewah Sebagai MPV

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi