Uji KIR di Hino Hanya Butuh Waktu 55 Menit, Biayanya Rp 275 Ribu
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 9 Maret 2024 19:00 WIB
Uji KIR Hino. (Dok HMSI)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) memperkenalkan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) atau Fasilitas Uji KIR Swasta berizin resmi dan terakreditasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat - Kementerian Perhubungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

HMSI telah memiliki fasilitas terbaru untuk melakukan uji berkala kendaraan bermotor atau KIR yang berlokasi di Berlokasi di Jl. Gatot Subroto KM 8.5 Jatake, Kota Tangerang. Fasilitas uji KIR HMSI melayani uji berkala untuk perpanjangan masa berlaku bagi seluruh Kendaraan Bermotor Wajib Uji (KBWU).

Bagi para pemilik kendaraan bermotor, seperti mobil penumpang, mobil bus, mobil barang, kereta gandengan dan kereta tempelan, kini dapat melakukan uji berkala perpanjangan masa berlaku di fasilitas uji KIR HMSI, baik itu kendaraan Hino maupun merek lain.

Layanan uji KIR ini diklaim hanya membutuhkan waktu 55 menit. Prosesnya pun dianggap mudah, cukup dilakukan dengan aplikasi untuk booking jadwal pelaksanaan sehingga dapat bebas antrean untuk efisiensi waktu tanpa mengganggu operasional kendaraan.

Fasilitas Uji KIR HMSI kendaraan bermotor ini mengacu pada Peraturan Pemerintah yang berlaku dan berstandar kualitas Hino. Hal ini dilakukan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan No. 19 Tahun 2021, seperti pemeriksaan kelengkapan admintrasi dokumen kendaraan.

Lalu ada pengujian yang dilakukan dengan atau tanpa peralatan uji untuk memastikan ketentuan persyaratan teknis. Terakhir, persyaratan layak jalan dengan mengukur kinerja minimal kendaraan bermotor berdasarkan ambang batas layak jalan.

Selain metode pengujian yang mengikuti regulasi Pemerintah, pemeriksaan di fasilitas uji KIR Hino akan ditambah dengan inspeksi standar APM. Fasiitas Uji KIR HMSI beroperasi di hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB dengan tarif sebesar Rp 275 ribu.

"Uji KIR bukan hanya kewajiban, tapi juga investasi untuk keselamatan, kelancaran operasional, dan kelestarian lingkungan. Kendaraan yang laik jalan memberikan manfaat bagi pengemudi, penumpang, dan masyarakat luas" kata Irwan Supriyono, After Sales &Technical Director HMSI di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu, 9 Maret 2024.

Pilihan Editor: Absen di Tes Moto2 Jerez, Mario Aji Dipastikan Tak Alami Cedera Parah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi