Simak 5 Tips Berkendara Motor Saat Berpuasa, Santap Sahur yang Sehat
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 12 Maret 2024 12:00 WIB
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berboncengan dengan istri Selvi Ananda berkendara menggunakan motor di Jakarta, Minggu, 4 Februari 2024. Gibran menggelar Sunday Morning Ride (Sunmori) bersama sejumlah artis pendukung Prabowo-Gibran seperti Rafi Ahmad, Nagita Slavina, Andre Taulany, dan Gading Martin. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Selama berpuasa, masyarakat masih akan melakukan aktivitasnya seperti biasa, salah satunya berkendara sepeda motor. Selama bulan Ramadan ini, berkendara motor perlu memperhatikan beberapa hal agar tetap aman dan nyaman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut Yamaha, ada lima tips berkendara sepeda motor yang aman dan nyaman selama berpuasa. Berikut redaksi Gooto merangkum tipsnya:

1. Konsumsi sahur yang bernutrisi

Tips pertama adalah makan sahur dengan porsi yang cukup agar bisa mengisi tenaga selama 13-14 jam. Saat makan sahur, perbanyak makanan yang mudah sekali mengenyangkan dan efeknya cukup lama. Jangan lupa minum air putih pada saat sahur sebanyak 3-4 gelas air.

2. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat berada di luar ruangan, tubuh akan terpapar sinar matahari cukup lama. Kalau menggunakan pakaian yang tidak nyaman, tubuh bisa jadi mudah berkeringat.

Coba gunakan jaket dengan warna yang netral dan pakaian yang tidak terlalu panas serta berbahan lembut, seperti katun.

3. Istirahat 15 menit sebelum berkendara

Tips berkendara lainnya adalah setelah tidur, sebisa mungkin jangan langsung berkendara. Berikan jeda sekitar 15 menit untuk memulihkan konsentrasi terlebih dulu. Setelah itu baru berkendara. Jangan lupa peregangan tubuh sebelum naik motor agar kondisi badan tetap fit di perjalanan.

4. Sesuaikan kecepatan

Saat jam pulang kantor dan mendekati waktu berbuka, banyak pengendara terburu-buru untuk sampai rumah. Sebagai pengendara motor yang paham safety riding, maka mereka harus lebih berhati-hati.

Atur kecepatan sepeda motor sesuai kondisi jalan. Bila bertemu kemacetan, berkendaralah perlahan, dan tidak disarankan menyalip secara sembarangan.

5. Olahraga dan istirahat yang cukup

Jangan lupa berolahraga setiap harinya atau seminggu 3-4 kali. Setiap pagi atau sore jelang berbuka sempatkan 15-30 menit untuk jogging atau angkat beban.

Yamaha menyarankan untuk menghentikan motor, buka helm dan lakukanlah peregangan tubuh jika kelelahan atau konsentrasi berkurang. Bila benar-benar lelah, tidur akan lebih baik untuk mengembalikan kondisi tubuh Anda.

Pilihan Editor: Perubahan Strategi Bagnaia Berbuah Manis di MotoGP Qatar 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi