Tips Buka Puasa Aman dan Nyaman di Dalam Mobil
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 13 Maret 2024 08:00 WIB
Wuling Binguo EV mobil listrik kedua yang ditawarkan Wuling Motors. (Foto: Wuling)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Memasuki bulan Ramadan, umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia wajib menunaikan ibadah puasa hingga sebulan penuh. Saat berbuka puasa, tak jarang masyarakat mendapati waktu berbuka yang bersamaan dengan sejumlah kegiatan, misalnya menyetir.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Waktu berbuka yang bertepatan dengan kondisi menyetir, mengharuskan kita untuk segera berbuka di dalam mobil. Sah-sah saja berbuka puasa di dalam mobil, hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Berikut tips berbuka puasa aman dan nyaman di dalam mobil, dikutip dari laman resmi Wuling Indonesia pada hari ini, Rabu, 13 Maret 2024.

1. Menepi Terlebih Dahulu

Saat waktu berbuka puasa tiba dan Anda sedang menyetir, sebaiknya terlebih dahulu menepi dan menghentikan mobil di lokasi yang aman dan tidak mengganggu lalu lintas. Jika kondisi jalanan macet, tentunya Anda harus lebih berhati-hati dalam berbuka puasa.

2. Membawa Bekal

Membawa bekal dari rumah akan sangat berguna ketika buka puasa, apalagi kalau Anda masih terjebak di dalam mobil dan di tengah kemacetan. Pastikan bekal yang dibawa ini camilan atau buah-buahan yang menyehatkan dan memiliki kandungan nutrisi lengkap.

Salah satu makanan yang dianjurkan seperti kurma atau juga bisa membawa roti, kue, biskuit, dan lainnya. Disarankan jangan membawa makanan berat seperti nasi dan lauk-pauknya.

3. Nyalakan Radio

Penggunaan radio akan sangat penting, selain sebagai media hiburan, juga bisa menjadi sumber informasi atau pengingat waktu berbuka puasa. Anda juga bisa menggunakan ponsel untuk mengetahui informasi jadwal azan.

4. Siapkan Perlengkapan Kebersihan

Tidak ada salahnya membawa hand sanitizer atau tisu basah untuk membasuh tangan sebelum dan sesudah berbuka puasa. Selain itu, sediakan juga tempat sampah kecil untuk membuang sisa-sisa makanan dan minuman, serta bungkus plastik lainnya.

5. Tetap Waspada dan Berkonsentrasi

Saat berpuasa, tidak sedikit gaya mengemudi para pengemudi berubah. Salah satunya adalah kebut-kebutan untuk mengejar berbuka puasa di rumah atau di restoran.

Hal tersebut tentunya sangat berbahaya untuk diri sendiri maupun orang lain. Jadi, tetaplah waspada dan konsentrasi dalam berkendara saat berpuasa. 

Pilihan Editor: Wuling Pamerkan Formo Blind Van dan Formo Max di GIICOMVEC 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi