Mobil Tidak Dipakai Setahun, Ini Masalah yang Bakal Timbul
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 18 Maret 2024 10:00 WIB
Dealer Auto2000. (Dok Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Apabila mobil tidak dipakai setahun, maka perlu adanya perawatan khusus untuk menjaga kondisinya tetap optimal. Sebab, saat mobil tidak pernah dipakai, akan muncul sejumlah masalah seperti ban kehilangan tekanan angin, aki soak, hingga kerusakan mesin.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oleh sebab itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan berkala untuk memastikan tekanan angin tetap terjaga, aki tetap terisi, dan mesin dalam kondisi prima.

Mengapi mobil yang tidak dipakai setahun harus dirawat? Melansir laman Auto2000 pada hari ini, Senin, 18 Maret 2024, jika tidak dipakai dalam waktu lama, mobil berpotensi mengalami berbagai masalah, terutama terkait dengan komponen yang jarang dipakai. 

Aki mobil adalah salah satu komponen yang paling rentan bermasalah. Karena jarang digunakan, aki mobil dapat kehilangan daya secara bertahap atau bahkan bisa mati sepenuhnya.

Tidak hanya itu, kualitas bahan bakar dalam tangki mobil juga berubah lebih rendah. Saat tidak digunakan, bensin menghasilkan residu yang dapat menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar dan mesin mobil.

Selain masalah aki dan bahan bakar, mobil yang tidak dipakai selama setahun juga rentan terhadap kerusakan pada berbagai komponen lainnya. Misalnya, mesin mobil dapat mengalami masalah karena jarang digunakan, seperti karat pada bagian-bagian yang biasanya terpapar oleh pelumas oli.

Sistem suspensi juga dapat mengalami kerusakan akibat tekanan yang konstan pada satu titik, terutama jika mobil dibiarkan dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Ban mobil juga bisa mengalami deformasi karena tekanan yang tidak merata selama mobil tidak digunakan.

Pilihan Editor: Tips Mengecek Ban Mobil Sebelum Mudik Lebaran 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi