Kenali 5 Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi Saat Ditekan
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Senin, 18 Maret 2024 17:00 WIB
Ilustrasi klakson. (Foto: Bosch)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Klakson mobil menjadi salah satu komponen yang seringkali diabaikan hingga terjadi masalah. Namun, ketika klakson mobil tidak berbunyi, dampaknya bisa jauh lebih serius daripada sekadar ketidaknyamanan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari Auto2000, terdapat beberapa penyebab klakson mobil tidak berbunyi serta bahayanya jika kondisi ini dibiarkan.

Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi

1. Kabel Klakson Putus

Mungkin terdengar sederhana, namun kabel klakson yang putus seringkali menjadi penyebab utama ketidakmampuan klakson untuk bersuara. Kabel ini menjadi penghubung vital antara klakson dan sumber listrik mobil.

Jadi, jika putus atau rusak, maka akan mengganggu aliran arus yang diperlukan untuk membuat klakson mobil tidak bunyi.

2. Saklar Klakson Rusak

Peran saklar klakson tidak boleh diabaikan. Sebab saklar adalah komponen yang berfungsi mengirimkan sinyal saat tombol klakson ditekan. 

Ketika saklar ini mengalami kerusakan atau keausan, kemungkinan besar klakson tidak akan merespons, meskipun sumber listrik tersedia dengan baik.

3. Relay Klakson Sudah Tua

Relay klakson adalah bagian terakhir yang bekerja mengontrol aliran listrik ke klakson. Namun, seperti komponen lainnya, relay ini juga dapat menurun kinerjanya akibat lama penggunaannya atau keausan. 

Sayangnya, ketika relay klakson sudah tua, kemampuannya untuk menyampaikan arus listrik dengan efisien pun akan menurun pula. Hal ini berakibat pada klakson mobil yang tidak bunyi.

4. Switch Klakson Bermasalah

Komponen penting selanjutnya adalah switch yang bertugas memberikan sinyal kepada klakson untuk aktif. Tentunya, saat komponen ini rusak, maka klakson juga tidak akan dapat berbunyi dengan konsisten atau bahkan tidak dapat mengeluarkan suara sama sekali.

5. Masalah Sekring Pada Mobil

Sekring merupakan komponen yang bekerja melindungi sistem listrik mobil dari kelebihan arus yang dapat merusak komponen-komponen vital. Kerusakan pada sekring dapat seperti terbakar, rusak akibat kelebihan arus, atau muncul masalah lain dalam sistem listrik mobil, klakson mobil akan terpengaruh dan tidak dapat mengeluarkan bunyi. 

Bahaya Klakson Mobil Tidak Bunyi

1. Mengganggu Keselamatan Berkendara

Klakson merupakan salah satu alat komunikasi penting di jalan raya. Ketika digunakan dengan benar, klakson membantu pengemudi memberikan peringatan kepada pengguna jalan lainnya tentang keberadaan mereka, memperingatkan akan bahaya di depan, atau memberikan sinyal untuk mendahului atau menghindari situasi berbahaya. 

2. Tidak Dapat Memberikan Peringatan

Klakson juga penting dalam memberikan peringatan kepada pejalan kaki, pengendara sepeda, atau pengguna jalan lainnya tentang keberadaan kendaraan.

Pilihan Editor: Waspada Mobil Overheat Saat Macet, Begini Cara Mencegahnya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi