Waspada Mobil Overheat Saat Macet, Begini Cara Mencegahnya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 13 Maret 2024 09:00 WIB
Perawatan berkala mobil di bengkel Toyota. (Foto: Auto2000)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat perjalanan berlibur, terutama menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2024, jalanan di beberapa wilayah di Indonesia kemungkinan akan mengalami kemacetan. Para pengendara, khususnya pengguna mobil, perlu berhati-hati dan berupaya agar mesin tidak mengalami panas berlebih alias overheat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kemacetan bisa menjadi penyebab mobil mengalami panas atau overheat. Mesin yang dibiarkan dalam kondisi panas berisiko membuat air radiator menguap.

Berikut 5 cara mencegah mobil mengalami overheat saat berada di kemacetan, dilansir dari situs Auto2000 pada hari ini, Rabu, 13 Maret 2024.

1. Cek Air Radiator

Saat dalam perjalanan, sebaiknya selalu cek kondisi air radiator mobil, terutama saat kondisi jalanan macet. Jika memungkinkan, bawa air radiator cadangan bila dibutuhkan dalam kondisi darurat. Pastikan juga tabung penyimpanannya selalu dalam kondisi maksimal sehingga terhindar dari overheat.

2. Cek Indikator Suhu

Pada bagian dasbor mobil terdapat indikator suhu mobil. Pastikan suhu selalu dalam keadaan normal, dan ketika mulai mengalami kenaikan suhu, sebaiknya cari tempat istirahat untuk mendinginkan mesin mobil.

3. Pastikan Kipas Pendingin Berfungsi Maksimal

Kipas Pendingin ini berfungsi mendinginkan radiator agar proses pendinginan mesin bisa berjalan dengan maksimal. Ketika mesin mobil menyala, pastikan kipas pendingin berfungsi dengan normal. 

Kipas pendingin yang mengalami kendala membuat radiator mudah panas dan mesin mobil mengalami overheat. Oleh karena itu, pastikan putaran kipas pendingin ini selalu dalam keadaan normal.

4. Mengemudi dengan Kecepatan RPM Rendah

Kecepatan RPM yang tinggi dapat membuat mesin menjadi lebih panas. Oleh sebab itu, saat mengemudi sebaiknya menggunakan kecepatan RPM rendah supaya suhu mesin tetap terjaga. Kurangi beban mesin dari akselerasi berlebihan dalam kondisi jalan padat dan macet.

5. Matikan Mesin Mobil

Jika macet terlalu lama dan memakan waktu hingga berjam-jam, sebaiknya matikan saja mobil Anda. Bila perlu, menepi dahulu dan mencari tempat yang nyaman untuk mendinginkan mesin mobil. Mendinginkan mesin mobil tidak hanya cukup mematikan mesin saja, tetapi juga perlu membuka kap mesin.

Pilihan Editor: Wuling Binguo EV Tembus TKDN hingga 47,5 Persen

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi