Tips Bawa Barang yang Aman Saat Mudik Naik Motor
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 19 Maret 2024 10:00 WIB
Iring-iringan sepeda motor pemudik melewati antrean kendaraan yang macet di Limbangan, Garut, Jawa Barat, 19 April 2023. Masuk H-3 Lebaran, jumlah kendaraan menuju Tasikmalaya dan Jawa Tengah yang melintasi Nagreg dan Limbangan naik sekitar 300 persen. Sebelumnya tercatat 1.301 kendaraan per jam, kini jadi 4.176 kendaraan per jam. TEMPO/Prima Mulia
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketika hendak mudik menggunakan motor, para pengendara perlu memperhatikan cara membawa barang dengan aman. Jangan sampai barang bawaan memiliki bobot yang berlebih dan penempatannya mengganggu konsentrasi berkendara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Untuk diketahui, kapasitas bobot bawaan motor ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan. Aturan itu menjelaskan bahwa muatan barang bawaan memiliki lebar yang tidak melebihi setang kemudi.

Kemudian, tinggi muatan tidak boleh melebihi 900 milimeter dari atas tempat duduk pengemudi. Lalu, barang muatan juga harus ditempatkan di belakang pengemudi.

Berikut tips membawa barang dengan aman saat mudik naik motor, dilansir dari laman Wahana Honda:

1. Gunakan Tas Khusus

Untuk membawa barang bawaan dengan aman, Anda dapat menggunakan tas atau gantungan khusus motor yang dirancang untuk membawa barang. Tas ini biasanya memiliki penahan tali atau pun sabuk yang dapat diikatkan ke bagian motor untuk stabilitas tambahan.

2. Gunakan Rak Tambahan

Rak belakang atau gantungan juga bisa dipasang untuk menambah kapasitas barang bawaan. Tapi harus diapastikan rak tersebut terpasang dengan aman dan kokoh.

3. Atur Berat Seimbang

Seimbangkan berat barang di kedua sisi motor untuk membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas motor saat berkendara.

4. Ikat Barang dengan Kencang

Pastikan bahwa semua barang bawaan terikat dengan kencang. Gunakan pengikat atau pun sabuk untuk menahan barang agar tidak bergerak selama perjalanan.

5. Hindari Bawa Barang Terlalu Besar dan Tinggi

Saat membawa barang di motor, perhatikan juga ukuran atau dimensi barang. Barang yang terlalu besar atau panjang dapat membuat kendaraan lebih sulit dikendalikan.

6. Periksa Kapasitas Maksimum

Pastikan kapasitas beban maksimum yang dapat ditanggung motor. Jangan sampai melebihi batas yang telah ditentukan, untuk memastikan keamanan.

7. Periksa Larangan

Pastikan ban motor dalam kondisi baik, sebab ban yang kurang angin atau aus dapat memengaruhi kinerja motor dan keamanan.

8. Kurangi Kecepatan

Saat membawa barang, berkendaralah lebih lambat dari biasanya, apalagi jika barang bawaan cukup banyak. Ini akan memberikan lebih banyak waktu untuk menanggapi perubahan kondisi jalan.

Pilihan Editor: Bukan Ferrari, Oliver Bearman Diisukan Promosi ke Tim Haas pada F1 2025

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi