Nissan Berencana Rilis 16 Mobil Listrik Hingga 2026
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 26 Maret 2024 15:00 WIB
Logo Nissan. REUTERS/Aly Song
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Nissan telah merilis rencana bisnis baru bernama The Arc yang akan fokus mendorong nilai dan meningkatkan daya saing di industri otomotif. Selain itu, bisnis anyar ini juga sekaligus membuka jalan bagi Nissan Ambition 2030, yang merupakan visi jangka panjang perusahaan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dilansir dari EV.com, Selasa, 26 Maret 2024, rencana tersebut bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara rencana transformasi bisnis Nissan NEXT dengan Ambisi 2030, yang salah satunya termasuk memajukan elektrifikasi.

Presiden dan Chief Executive Officer Nissan Makoto Uchida menekankan pentingnya rencana The Arc dalam menghadapi perubahan kondisi pasar. Rencana tersebut, kata dia, juga bisa memastikan pertumbuhan dan profitabilitas yang berkelanjutan.

Proyek ini  bertujuan untuk meningkatkan penjualan tahunan sebesar 1 juta unit dan mencapai margin laba operasional lebih dari 6 persen pada akhir tahun fiskal 2026. Hal ini akan dicapai melalui strategi regional yang disesuaikan, yakni percepatan transisi ke kendaraan listrik (EV).

Selain itu, Nissan juga berencana meluncurkan 30 model baru hingga 2026, dengan 16 di antaranya adalah mobil listrik. Nissan juga menargetkan 40 persen dari total model globalnya akan menggunakan listrik pada tahun fiskal 2026, dan meningkat menjadi 60 persen pada akhir dekade ini.

Perusahaan juga berencana untuk memperbarui 60 persen model kendaraan penumpang bermesin pembakaran internal (ICE) pada tahun fiskal 2026. Langkah itu bertujuan untuk memastikan pendekatan elektrifikasi yang seimbang.

Daya saing mobil listrik Nissan juga akan ditingkatkan melalui pengurangan harga yang signifikan, yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan harga antara kendaraan listrik dan model ICE pada tahun fiskal 2030.

Rencana tersebut mencakup pendekatan pengembangan dan manufaktur baru untuk menjadikan mobil listrik lebih terjangkau dan menguntungkan. Kemitraan strategis akan diperluas ke bidang teknologi, portofolio produk, dan layanan perangkat lunak. Sementara disiplin keuangan akan dipertahankan untuk menghasilkan kinerja yang tangguh dan menguntungkan.

Uchida menyatakan keyakinannya terhadap kemampuan Nissan dalam menjalankan rencana The Arc dengan mudah, dan dapat memberikan landasan yang kokoh untuk mewujudkan visi Nissan Ambition 2030. Perusahaan berencana untuk mengamankan total pengembalian pemegang saham lebih dari 30 persen dan membuka potensi pendapatan tambahan sebesar 2,5 triliun yen pada 2030.

Pilihan Editor: 3 Fakta yang Terjadi di MotoGP Portugal, Pedro Acosta Ukir Sejarah

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi