Honda Akui Penjualan Motor Merosot di Awal Tahun
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 27 Maret 2024 17:30 WIB
Ilustrasi penjualan motor. TEMPO/Erwan Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) mengakui terjadi pemerosotan penjualan motor di awal tahun 2024 secara year on year. Octavianus Dwi Putro, Marketing Director PT AHM menjelaskam terdapat beberapa penyebab menurunnya angka penjualan motor tersebut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dikutip dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan motor domestik pada Januari-Februari tahun ini sudah mencapai 1.151.343 unit. Sedangkan tahun lalu mencapai 1.190.918 unit, Artinya terdapat penurunan sebesar 39.575 unit.

"Harga komoditi sebenarnya masih tinggi tapi nggak naik, itu pengaruh juga," kata Octa di Jakarta, Selasa, 26 Maret 2024.

"Yang terpengaruh lebih banyak Jawa sebenarnya, beberapa bulan terakhir curah hujan tinggi, kemudian panennya ditunda, kemudian beberapa daerah terkena bencana banjir, itu ternyata pengaruh ke kita," dia menambahkan.

Di sisi lain, Octa menjelaskan pihaknya harus menjaga stok untuk permintaan bulan Lebaran yang biasanya mengalami tren peningkatan. Dia menyebut data penjualan bulan Maret bakal lebih baik dari bulan sebelumnya.

"Kemudian kalau diliihat, itu data AISI, ketika AISI itu kan distribusi, itu tidak turun-turun amat, tetapi memang kita mau menyehatkan stok ada juga di situ, stok di market yang mau kita jaga tetapi cukup ketika menjelang Lebaran ini. Maret ini rasanya baik kami atau yang lain distribusinya akan lumayan terutama menjelang Lebaran," dia menjelaskan.

Sementara itu, Executive Vice President Director (EVPD) PT AHM, Thomas Wijaya menyebut meski terjadi penurunan, Honda masih menguasai pasar sepeda motor di Indonesia dengan capaian angka 76 persen dari total penjualan nasional.

"Kondisi dua bulan ini pasarnya masih ada sedikit koreksi terkoreksi sekitar 3 persen dibandingkan dengan awal tahun 2023. Share awal tahun ini kita masih sekitar 76 persen," kata Thomas dalam kesempatan yang sama.

Pilihan Editor: Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Gara-gara Truk Ugal-ugalan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi