Aldi Satya Mahendra Raih Podium 2 di WorldSSP300 Catalunya 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 27 Maret 2024 18:00 WIB
Aldi Satya Mahendra di WorldSSP300 Catalunya 2024. (Dok YIMM)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pembalap Indonesia Aldi Satya Mahendra berhasil menyelesaikan seri pertama balap WorldSSP300 di sirkuit Catalunya, Spanyol, pada 23-24 Maret 2024 dengan hasil yang baik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Rider 17 tahun ini berhasil mengamankan podium ke-2 dalam race pertama yang berlangsung 12 lap. Aldi Satya Mahendra mencoba bermain tenang dan penuh kesabaran di lap-lap awal hingga pertengahan untuk menjaga temperatur mesin ataupun traksi ban.

Saat tersisa 2 lap, pembalap tim BrCorse bertarung all-out untuk dapat meraih podium di WorldSSP300 Catalunya. Pada akhirnya, perbedaan waktunya relatif tipis hanya 0,040 detik saja dengan peraih podium pertama.

”Ini adalah pengalaman yang sangat berharga bagi saya, tahun pertama di kejuaraan WorldSSP300, bisa mendapatkan hasil yang cukup baik, konsisten mendapatkan poin," ucap Aldi Satya Mahendra dalam keterangan resminya, Rabu, 27 Maret 2024.

"Pada race 1 dan race 2 berjalan sangat ketat bahkan hingga lap-lap terakhir. Saya juga sempat memimpin beberapa laps sepanjang balapan berlangsung dan Alhamdulillah pada race 1 saya mendapatkan podium 2 namun pada race 2 saya harus puas berada di posisi 7,” 

Sebagai rookie atau pendatang baru WorldSSP300, pembalap binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI) ini dapat cepat menemukan set-up Yamaha YZF-R3 dan beradaptasi mengikuti ritme balapan dari pesaing seniornya.

Kemudian pada race ke-2, Aldi Satya Mahendra sempat memimpin jalannya balapan, namun pada akhirnya harus puas finis ke-7. Alhasil, Aldi Satya Mahendra sukses meraih sebanyak 29 poin di WorldSSP300 Catalunya. Poin tersebut sama dengan yang dikoleksi pemuncak klasemen sementara, yakni Inigo Iglesis Bravo.

Sebgai informasi, format race dalam WorldSSP300 tahun ini mengalami perubahan. Format baru WorldSSP300 adalah sesi free practice selama 28 menit yang digunakan untuk menemukan set-up terbaik pada motor.

Kemudian dilanjutkan dengan superpole sebagai penentuan starting grid. Sebelum dilakukan race 1 ataupun race 2 dilakukan warm-up masing-masing selama 14 menit. Adapun seri lanjutan WorldSSP300 akan dilangsungkan di Sirkuit Assen, Belanda, 19-21 April 2024.

Pilihan Editor: Kecelakaan Beruntun di Gerbang Tol Halim, Gara-gara Truk Ugal-ugalan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi