Tips Beli Mobil Baru Untuk Persiapan Libur dan Mudik Lebaran
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Selasa, 2 April 2024 13:00 WIB
All New Toyota Vellfire HEV diperkenalkan di IIMS 2024, 15-25 Februari 2024. (Foto: Tempo/Kusnadi Chahyono)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jelang Lebaran merupakan salah satu waktu yang tepat untuk membeli mobil baru, khususnya buat masyarakat yang ingin mudik Lebaran. Untuk yang tidak mudik, mobil juga dibutuhkan untuk silaturahmi atau liburan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat memilih membeli mobil baru tentu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Dilansir dari Toyota Indonesia berikut tips membeli mobil baru untuk persiapan Lebaran.

1. Hunting Model Sesuai Kebutuhan

Pada momen Lebaran, biasanya membutuhkan kendaraan dengan daya angkut penumpang dan barang yang besar. Model yang paling pas adalah MPV atau SUV 7-penumpang. 

2. Pertimbangkan Harga Jual Kembali

Harga jual mobil rata-rata turun 10-15 persen begitu keluar dari showroom. Oleh karenanya penting untuk memilih mobil dengan harga turun yang rendah.

3. Tentukan Metode Pembelian

Secara garis besar, ada 3 metode pembelian yang dapat dimanfaatkan. Pertama adalah tunai atau cash.

Metode berikutnya adalah kredit. Anda butuh perhitungan lebih lanjut perihal down payment (DP), cicilan perbulan, dan tenor. Cara ketiga adalah tukar tambah (trade in) dengan selisih harga jual-beli diselesaikan dengan membayar tunai atau memanfaatkan skema kredit.

4. Perhitungkan Skema Kredit

Aturannya, angsuran semua kredit pribadi hanya boleh sekitar 30% dari total penghasilan perbulan. Pastikan memiliki dana yang mencukupi untuk membayar uang muka (DP) kredit mobil, yakni sekitar 20-50 persen dari harga mobil.

Besarnya DP akan menentukan jumlah cicilan perbulan. Supaya DP lebih ringan, metode trade-in atau tukar tambah bisa diperhitungkan kalau hanya ingin mengganti mobil lama dengan yang baru sekaligus membuat pembiayaan lebih ringan.

5. Bandingkan Antar Leasing

Masing-masing perusahaan leasing atau bank memiliki perhitungan skema kredit yang berbeda, khususnys terkait jumlah bunga perbulan dan urusan pembiayaan lainnya.

Pertimbangkan proses dan syarat pengajuan, bunga utang, penalti tunggakan, kemudahan pembayaran, perlindungan asuransi, sampai pengambilan BPKB.

6. Pertimbangkan Biaya Lainnya

Ada beberapa komponen biaya lainnya terkait kepemilikan mobil pribadi yang patut dijadikan bahan pertimbangan. Biaya ini meliputi biaya bensin, asuransi, parkir, pajak STNK tahunan, tol, perawatan rutin kendaraan dan biaya lainnya yang cukup besar jika dijumlahkan. 

Pilihan Editor: 5 Hal Menarik Toyota Yaris Cross Hybrid

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi