5 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 3 April 2024 15:00 WIB
Ilustrasi mobil bekas, ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Tradisi mudik akan terus terjadi dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Adanya tradisi ini juga meningkatkan fenomena kepemilikan kendaraan, seperti membeli mobil baru maupun mobil bekas. Simak tips membeli mobil bekas di bawah ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mobil menjadi alah satu kebutuhan masyarakat yang ingin bermudik. Alasannya berbagai macam, mulai dari kebanggaan, dapat mengajak seluruh keluarga, hingga hemat ongkos transportasi.

Namun, tidak semua orang memiliki budget yang besar untuk membeli mobil baru, sehingga akhirnya memutuskan untuk menyewa atau membeli kendaraan second atau mobil bekas.

Saat memilih mobil bekas, maka calon pembeli wajib memeriksa seluruh kondisi secara ekstra. Mereka disarankan untuk tidak mudah tergiur dengan harga murah dan kondisi eksterior yang mulus. Berikut tips memilih kendaraan bekas menurut Suzuki:

1. Rekomendasi Teman

Tips pertama adalah mencari dan mendengarkan beberapa rekomendasi dari teman. Ketika memilih mobil bekas, tentu Anda tidak dapat mengandalkan ucapan penjualnya. 

Calon pembeli harus lebih sedikit ragu pada setiap cerita bagus tentang kendaraan yang dijual. Maka dari itu, mencari berbagai rekomendasi dari teman dekat atau review dari beberapa kerabat merupakan hal penting yang wajib dilakukan.

2. Perhatikan Tahun Produksi Mobil

Semakin lama sebuah kendaraan diproduksi, tentu akan semakin membutuhkan perawatan lebih. Bahkan, kemungkinan mobil tersebut mengalami penurunan kualitas mesin. Ketika memutuskan untuk memilih beli mobil bekas, maka perhatikan tahun produksi. Selain itu, Anda juga dapat memilih sesuai preferensi mobil tahun produksi. 

Calon pembeli juga memerhatikan tahun produksi mobil, serta bertanya tentang riwayat pemakaian dan riwayat servis. Misalnya, apakah mobil pernah mengalami kecelakaan dan sebagainya.

3. Lakukan Test Drive

Tips ketiga adalah melakukan test drive atau uji coba mobil bekas yang akan Anda beli. Hal ini bertujuan agar tidak hanya tertarik pada penampilan luarnya saja.

Test drive bertujuan untuk memastikan kondisi mesin, tekanan ban, serta rem kendaraan. Untuk alasan keamanan, Anda disarankan membawa teman atau kerabat yang paham dalam bidang otomotif ketika melakukan test drive.

4. Membandingkan Harga dengan Dealer Lain

Ketika ingin membeli mobil bekas, Anda dapat melakukan perbandingan harga dari dealer satu ke dealer lainnya. Sebenarnya tidak perlu berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, karena saat ini cukup berkelana di internet melalui portal jual-beli kendaraan bekas.

5. Periksa Kelengkapan Surat Mobil

Tips terakhir adalah memeriksa kelengkapan surat-surat mobil. Surat-surat yang perlu Anda periksa adalah BPKB, STNK, dan surat pendukung lainnya yang berasal dari pemilik mobil lama. Tidak lupa juga untuk memeriksa nomor rangka dan nomor mesin apakah sesuai dengan yang tertera dalam STNK dan BPKB mobil.

Pilihan Editor: Biaya Perawatan Berkala Mitsubishi Xpander, 3 Tahun Pertama Gratis

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi