Daftar Jalur Alternatif Puncak Bogor saat Mudik Lebaran
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 3 April 2024 20:00 WIB
Kepadatan kendaraan di Jalan Raya Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 21 April 2023. Satlantas Bogor memberlakukan rekayasa lalu lintas ganjil genap situasional untuk mengurai kepadatan pada H-1 Lebarandi kawasan Puncak Bogor yang mulai dipadati kendaraan pemudik dan wisatawan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kawasan Puncak Bogor menjadi lokasi yang ramai untuk jalur mudik Lebaran, ataupun hanya sekedar berwisata. Namun saat musim libur, jalur ini menerapkan aturan ganjil genap guna meminimalisir kemacetan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Adapun jalur alternatif demi menghindari aturan ganjil genap untuk menuju ke Puncak Bogor. Setidaknya, ada empat jalur alternatif ke Puncak Bogor yang bebas dari kebijakan ganjil genap. 

Berikut jalur alternatif menuju Puncak Bogor, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Jalur Jatiwangi - Bendungan - Ciawi

Jalur Jatiwangi - Bendungan - Ciawi merupakan jalur alternatif puncak untuk menghindari ganjil genap yang banyak dipilih. Nantinya, pengendara akan diarahkan untuk melewati jalur Jatiwangi menuju Bendungan dan lanjut ke arah Ciawi.

Jalur ini memiliki panjang 13 kilometer, sedangkan lebarnya 6 meter. Jadi, buat yang mengendarai mobil pun dapat melewati jalur alternatif ini.

2. Jalur Cigombong/Caringin - Cipaku Kota Bogor

Jalur alternatif puncak menghindari ganjil genap lainnya bisa lewat Cigombong atau Caringin, lalu menuju ke arah Cipaku Kota Bogor.

Lintasan jalur alternatif ini sedikit lebih panjang dari jalur sebelumnya yang berkisar 14,7 kilometer dengan lebar 8 meter. Jalur ini juga cocok dipilih oleh wisatawan dari Sukabumi yang ingin pergi ke Puncak. 

3. Jalur Cileungsi - Jonggol - Cariu

Ketiga, pengendara bisa lewat Cileungsi-Jonggol dan lanjut ke Cariu untuk menuju ke Puncak Bogor. Dengan melewati jalur ini, pengendara kendaraan bermotor bisa terhindar dari aturan ganjil genap.

Namun, jalur tersebut tergolong cukup panjang. Terhitung, jaraknya mencapai 55 km sehingga pengendara harus menempuh perjalanan yang lebih lama.

4. Jalur Cilember - Jogjogan - Ciburial

Terakhir, pengendara bisa melewati Cilember. Nantinya, dari Cilember Anda akan diarahkan ke Jogjogan menuju Ciburial. Dari semua jalur alternatif Puncak, jalan ini tergolong lebih pendek , yakni sekitar 8 km.

Pilihan Editor: 5 Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi