5 Tips agar Mobil Selalu Nyaman untuk Mudik Lebaran 2024
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Kamis, 4 April 2024 13:00 WIB
Mobil Suzuki sedan menjalani servis di Suzuki Day di Solo, 26-27 Januari 2019. (Suzuki)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Hari raya Idul Fitri telah diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu hari besar Indonesia sebagai momentum hangat yang dinanti-nantikan untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sederet persiapan kendaraan dilakukan mulai dari pengecekan oli, coolant, filter, ban, spooring balancing, dan lainnya demi perjalanan yang bebas masalah. Di samping itu, masih banyak daftar persiapan perjalanan mudik yang bisa diantisipasi untuk mewujudkan perjalanan yang nyaman dan berkesan.

Kebanyakan pelanggan setia mobil Suzuki memilih untuk memasukkan mobil kesayangannya ke Bengkel Resmi sebelum perjalanan mudik, di mana tenaga ahli akan melakukan pengecekan menyeluruh pada 23 komponen standar mobil dan melakukan perbaikan apabila diperlukan.

Hariadi, selaku Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales menyebut Suzuki mengimbau agar pelanggan setia menyiapkan mobilnya dengan maksimal untuk perjalanan mudik yang berkesan, dan bila memerlukan bantuan layanan service atau pengecekan kendaraan.

"Jaringan bengkel resmi Suzuki akan siaga melayani segala kebutuhan layanan purna jual pelanggan setia kami. Untuk memesan jadwal layanan service di bengkel resmi, pelanggan kami dapat melakukannya melalui website www.suzuki.co.id, layanan call center bebas pulsa 24 jam Halo Suzuki di nomor 0800-1100-800 atau Whatsapp Halo Suzuki di nomor 0811-1993-0800,” tutur dia dalam keterangan resminya, Kamis, 4 April 2024.

Selain teknis kendaraan, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga memberikan beberapa ide persiapan perjalanan mudik yang bisa menjadi perhatian para pelanggan setia, misalnya seperti:

1. Memastikan AC mobil berfungsi dengan baik untuk perjalanan panjang

Kepadatan jalan dan durasi perjalanan yang panjang membutuhkan kenyamanan dari air conditioner (AC) yang sehat, sehingga keluarga tidak mudah merasa stress selama perjalanan.

Saat melakukan service di Bengkel Resmi, biasanya teknisi akan secara otomatis melakukan pengecekan komponen AC seperti kondisi evaporator, kompresor, tali kipas, hingga filter AC. Apabila filter AC pada mobil sudah dalam kondisi yang kurang baik, Bengkel Resmi Suzuki siap untuk melakukan perbaikan agar kondisi AC tetap prima untuk perjalanan jauh.

2. Mempersiapkan suasana kabin yang bersih dan wangi

Selama perjalanan mudik, sangat penting untuk menjaga kebersihan serta aroma di dalam mobil, sebab kabin mobil yang bersih dan wangi berpengaruh terhadap kenyamanan dan suasana hati selama perjalanan.

Untuk menghindarkan mobil dari aroma tidak sedap yang berasal dari sisa makanan, sebaiknya pelanggan melengkapi kabin mobil dengan tempat sampah yang tertutup. Upaya lainnya seperti menambah pengharum mobil juga menjadi ide yang baik.

Beberapa pilihan pengharum memiliki manfaatnya masing-masing, misalnya aroma kopi yang diyakini dapat menghilangkan bau rokok dan makanan yang menyengat, atau aroma lemon yang segar dan dapat memberikan dorongan energi agar lebih bersemangat.

3. Pemilihan kaca film mobil yang sesuai dengan prosedur dan kebutuhan

Penggunaan kaca film yang tepat dapat melindungi pengendara dan penumpang dari sinar UV hingga mengurangi resiko kejahatan karena menghambat pandangan dari sisi luar mobil terhadap barang bawaan yang ada di dalam.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan, di bagian depan bisa menggunakan kaca film dengan kegelapan maksimal mencapai 40% dan pada bagian kiri kanan dapat diganti dengan kegelapan kaca film maksimal 70%. Kemudian pada bagian belakang dapat diimplementasikan sesuai dengan kaca depan agar jarak pandang tetap jernih dan bersih.

4. Menentukan posisi tempat duduk yang aman

Pengaturan tempat duduk adalah hal mudah namun sebenarnya penting diperhatikan, khususnya bagi yang melakukan perjalanan mudik bersama anak kecil.slot pulsa

Untuk memberikan rasa aman, keluarga Suzuki bisa memanfaatkan fitur ISOFIX yang tersedia pada baris kedua untuk mengaitkan car seat dengan jok mobil, sehingga lebih aman untuk anak-anak. 

Dianjurkan pula agar anak-anak yang duduk dengan child support di baris kedua didampingi oleh orang dewasa di sebelahnya untuk memastikan keamanan menyeluruh.

5. Mengaktifkan fitur Engine Auto-Stop untuk efisiensi bahan bakar

Lalu lintas stop & go selalu menjadi ciri khas perjalanan mudik di Indonesia yang berdampak kepada konsumsi bahan bakar.

Pilihan Editor: Tips Beli Mobil Baru Untuk Persiapan Libur dan Mudik Lebaran

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi