4 Hal yang Harus Diketahui saat Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Jumat, 5 April 2024 18:30 WIB
Hyundai Ioniq 6. (Foto: Hyundai)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Jelang mudik Lebaran 2024, sebagian masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di perkotaan, tengah disibukkan dengan persiapan mudik. Selain memanfaatkan moda transportasi umum, tidak sedikit dari para pemudik yang memilih kendaraan pribadi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bahkan, beberapa di antaranya sudah berani untuk menggunakan kendaraan listrik (EV) sebagai sarana transportasi menuju kampung halaman. Tentunya diperlukan persiapan yang matang agar perjalanan mudik terasa lebih aman dan nyaman. 

 Menyambut antusias masyarakat di periode mudik tahun ini, Dilansir dari Hyundai Motors Indonesia (HMID) berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan khususnya jika mudik menggunakan mobil listrik.

1.    Melakukan pengecekan ke bengkel resmi

Pengecekan ke bengkel resmi sebelum mudik wajib dilakukan oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, baik itu menggunakan kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik.

Pengecekan penting dilakukan untuk memastikan seluruh bagian kendaraan dalam kondisi baik sehingga kendaraan dalam kondisi prima dan siap untuk menempuh perjalanan jauh.

2. Tentukan rute perjalanan, untuk memastikan baterai cukup sampai tujuan.

Penting juga untuk memperhatikan bahwa kita telah melakukan travel management yang efektif. Adapun travel management mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan fisik hingga penentuan rute perjalanan.

Penting bagi pengguna EV untuk memperhatikan kapasitas baterai mobil listrik dan memperkirakan jarak yang bisa ditempuh. Adapun, lini mobil listrik Hyundai memiliki jarak tempuh yang jauh sehingga memiliki kapasitas yang mumpuni untuk melakukan perjalanan mudik.

3. Ketahui lokasi charging station di rute perjalanan mudik

Pengguna mobil listrik juga sebaiknya mengetahui lokasi charging station yang akan dilalui sepanjang rute perjalanan ke tempat tujuan, termasuk charging station di luar rest area untuk menghindari antrian yang padat. 

Hyundai sendiri telah memiliki jaringan charging station di ratusan titik di seluruh Indonesia, termasuk di diler-diler yang siap jaga untuk melayani pemudik, sehingga pelanggan bisa mengisi daya dengan nyaman. 

Untuk rute perjalanan mudik di Pulau Jawa, pemudik bisa menggunakan jaringan charging station Hyundai yang telah tersedia di kota-kota seperti Jakarta, Bekasi, Bandung, Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya.

Sedangkan untuk rute perjalanan mudik di Pulau Sumatera, pengguna mobil listrik Hyundai bisa menikmati manfaat dari jaringan charging station Hyundai di kota-kota seperti Tangerang, Serang, Lampung, Palembang, Jambi, Padang, Medan, hingga Aceh.

4. Tetap tenang meski dilanda kemacetan arus mudik

Perjalanan mudik identik dengan kemacetan karena banyaknya masyarakat yang bermobilisasi pada saat tersebut. Meski begitu pengemudi mobil listrik tetap bisa tenang di tengah kemacetan, pasalnya kondisi mesin idle dan motor penggerak pada mobil listrik tidak bekerja secara maksimal, sehingga konsumsi daya listrik lebih rendah daripada saat mobil berjalan.

Namun, tetap penting bagi pengguna untuk memperhatikan daya baterai di tengah kemacetan. Jika dalam kondisi baterai yang menipis, pengguna bisa segera mencari tempat pengisian daya terdekat.

Pilihan Editor: Mitsubishi Hadirkan Adventure Points saat Mudik Lebaran 2024, Simak Promonya

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto  

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi