Motor Mau Ditinggal Mudik Lebaran, Ini Hal yang Perlu Dilakukan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Sabtu, 6 April 2024 12:00 WIB
Vespa 946 Dragon. (GOOTO/Dimas Prassetyo)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Saat musim mudik Lebaran, mungkin banyak masyarakat yang memilih menggunakan angkutan umum dan meninggalkan kendaraan pribadinya, seperti sepeda motor, di rumah atau dititipkan di kerabat dekat. Namun, perlu ada langkah yang dilakukan sebelum meninggalkan motor dalam waktu yang lama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

PT Piaggio Indonesia memberikan informasi langkah penting untuk motor sebelum ditinggal mudik. Berikut ulasannya.

1. Lakukan pengganti oli dan kuras tangki bahan bakar hingga habis untuk mencegah proses pengembunan yang dapat menyebabkan korosi, jika kendaraan ditinggalkan hingga lebih dari satu bulan. Apabila ditinggalkan kurang dari sebulan, pengguna cukup mengisi full tangki bensin.

2. Cabut accu (aki) dan charge hingga full untuk kemudian disimpan di tempat yang tidak lembab, jika kendaraan ditinggal lebih dari satu bulan. Jika kurang dari sebulan, pengguna cukup melepaskan kabel terminal negatif.

3.Cuci bersih kendaraan sebelum disimpan, sehingga tidak terdapat kotoran yang dapat mengganggu daya tahan frame atau krom.

4.Gunakan standar tengah dan berikan alas pada roda, seperti kayu atau kain tebal. Hal itu bertujuan agar tekanan udara tidak mudah menurun.

5.Gunakan kunci pengaman ganda dan pastikan menutup kendaraan dengan cover untuk kendaraan roda dua.

Pilihan Editor: Penerapan Ganjil Genap Sudah Berlaku pada Arus Mudik Lebaran 2024

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi