Mudik Lebaran: 38 Ribu Kendaraan Menyeberangi Pelabuhan Merak dan Ciwandan
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 10 April 2024 09:00 WIB
Antrean kendaraan pemudik menunggu masuk kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Senin, 8 April 2024 dini hari. H-2 Lebaran 2024 Pelabuhan Merak masih dipadati oleh pemudik yang akan menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Sebelumnya, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan jumlah pemudik via Pelabuhan Merak dan Ciwandan mengalami kenaikan drastis mencapai 65 persen. TEMPO/M Taufan Rengganis
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Polri menginformasikan, sebanyak 38.204 kendaraan dan 153.071 orang telah menyeberang dari Pelabuhan Merak dan Ciwandan menuju Pelabuhan Bakauheni pada mudik Lebaran tahun ini. Angka tersebut tercatat pada hari pertama Operasi Ketupat 2024, Senin, 8 April 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Dari Pelabuhan Merak, terdapat 42 kapal dengan 116 perjalanan yang mengangkut 111.584 orang dan 17.617 kendaraan," kata Juru Bicara Polri Kombes Pol Iroth Lauren Recky, dikutip dari laman Humas Polri hari ini, Rabu, 10 April 2024.

Sementara itu, Pelabuhan Ciwandan memberangkatkan 8 kapal dengan total 14 perjalanan. Tercatat, kapal-kapal tersebut mengangkut 41.487 orang dan 20.587 kendaraan.

Menurut Iroth, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan untuk mengevaluasi pelaksanaan percepatan arus mudik bersama pemangku kepentingan terkait.

"Kapolri juga meminta pengaturan delaying system dan penyiapan buffer zone secara optimal serta menjaga ketertiban," ujar dia menjelaskan.

Masyarakat juga diimbau untuk tertib, antre, dan bersabar ketika memasuki kapal penyeberangan. Polri berupaya untuk melayani dan mengamankan seluruh pemudik agar selamat, aman, serta lancar sampai kampung halaman.

Pilihan Editor: Simak Biaya Perawatan Berkala Wuling Confero

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi