Mudik Bogor-Semarang Pakai Yaris Cross Hybrid, Simak Konsumsi BBM-nya
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 11 April 2024 12:18 WIB
Toyota Yaris Cross Hybrid. (TEMPO)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Redaksi Gooto berkesempatan untuk melakukan perjalanan dari Bogor-Semarang menggunakan Toyota Yaris Cross Hybrid selama periode mudik Lebaran 2024. Lalu berapa konsumsi BBM mobil tersebut?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Yaris Cross Hybrid sendiri adalah mobil elektrifikasi kedua yang diproduksi Toyota secara lokal setelah Innova Zenix Hybrid. Model tersebut dibekali mesin 2NR-VEX 1.500cc 4 silinder berteknologi hybrid dengan Atkinson Cycle.

Jantung penggerak mobil hybrid ini memiliki respons yang cukup baik, serta kabinnya yang hening dan kedap. Selain itu, konsumsi BBM (bahan bakar minyak) Toyota Yaris Cross Hybrid terbilang efisien sehingga cocok untuk digunakan dalam perjalanan jauh.

Konsumen juga tak perlu khawatir soal baterainya, sebab Toyota-Astra Motor (TAM) telah menyediakan garansi hingga 8 tahun atau 16.000 km. Sekedar informasi tambahan, harga baterai Toyota ini dibanderol dengan harga Rp 30 juta.

Saat masuk ke dalam kabin mobil hybrid ini, redaksi Gooto langsung terpukau. Pasalnya, kabin Toyota Yaris Cross Hybrid terbilang cukup nyaman dan mewah dengan penyematan beberapa fitur canggih terkini.

Kondisi itu membuat Gooto tak merasakan kelelahan yang berarti ketika melibas perjalanan sepanjang 451 km. Kami hanya beristirahat sejenak dua kali dari Tol Jakarta-Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung.

Yaris Cross Hybrid terbilang nyaman digunakan, baik dalam keadaan macet maupun lancar. Kemacetan yang kami rasakan di Tol Jakarta-Cikampek dan Tol Cipali, tak membuat kami lelah karena kursi kemudi dan penumpangnya begitu nyaman.

Selain kenyamanan berkendara, kami juga merasakan kenyamanan kantong saat menggunakan mobil hybrid ini. Bagaimana tidak, saat kondisi bensin full, Toyota Yaris Cross bisa dilaju hingga GT Kalikangkung. Itupun sudah termasuk perjalanan dari Jakarta-Bogor.

Jika dijumlahkan, pengisian bahan bakar minyak (BBM) Yaris Cross Hybrid menghabiskan biaya sekitar Rp 444.600. Jenis BBM yang kami gunakan selama perjalanan mudik tersebut adalah Pertamax. Sedangkan untuk konsumsi BBM mobil ini sekitar 21 km/liter.

Kami juga melakukan pengisian BBM dalam perjalanan pulang dengan biaya sebesar Rp 350 ribuan. Dengan biaya itu, Gooto bisa melakukan perjalanan pulang tanpa harus mengisi BBM lagi. Padahal, kami melakukan perjalanan pulang melalui Jalur Pantura, yang notabene-nya lebih jauh.

Gooto menghabiskan waktu sekitar 11 jam dari GT Kalikangkung ke Bogor. Kami pun berhasil melakukan perjalanan saat periode mudik Lebaran 2024 dengan selamat bersama Toyota Yaris Cross Hybrid.

Pilihan Editor: 5 Hal Menarik dari Toyota Corolla Altis Hybrid

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi