5 Hal Menarik dari Toyota Corolla Altis Hybrid
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 11 April 2024 09:00 WIB
Toyota Corolla Altis Hybrid. 9 Oktober 2019. TEMPO/Wira Utama
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Toyota Corolla Altis Hybrid merupakan salah satu tipe mobil dari Corolla Altis yang memiliki dua mesin penggerak, yakni mesin bensin konvensional dan motor listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Fitur interior dan eksterior Toyota Corolla Altis Hybrid diklaim lebih canggih dan futuristik, sehingga tampak modern dan terkesan elegan.

Selain itu terdapat pula fitur keamanan dan kenyamanan canggih pada mobil sedan Corolla Altis Hybrid ini. Berikut 5 hal menarik dari Corolla Altis HEV yang Gooto rangkum dari berbagai sumber:

1. Eksterior

Toyota Corolla Altis Hybrid 2023 memiliki ukuran seperti mobil sedan pada umumnya dengan panjang 4.630 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.435 mm. Selain itu, memiliki jarak sumbu roda atau wheelbase sekitar 2.700 mm. Altis dilengkapi dengan velg Striking Alloy Wheels berukuran 17 inci dengan tampilan yang terlihat mewah.

Pada bagian depan, tampak desain grille dan bumper dengan bentuk dan ukuran yang lebih besar. Dilengkapi dengan lampu kabut (fog lamp) di sisi kanan dan kiri yang dapat membantu penglihatan Anda saat berada di jalan berkabut atau saat berkendara di malam hari.

Desain stop lamp berteknologi LED dan juga bumper bagian belakang terlihat lebih dinamis yang menimbulkan kesan elegan. Lekukan halus di bagian samping Corolla Altis juga menjadi salah satu daya tariknya.

2. Interior

All New Corolla saat ini memiliki ruang kabin yang lebih luas. Dibekali fitur-fitur canggih untuk mendukung sisi kenyamanan seluruh penumpang Toyota Corolla Altis selama perjalanan. Desain Modern Center Cluster pada dasbor menambah kesan mewah dan memesona.

Disematkan pula fitur Integrated Multimedia System dengan beberapa pilihan menu yang akan memudahkan aktivitas Anda dalam melakukan pengaturan multimedia secara terpusat. Selain itu, terdapat Progressive Combination Meter berukuran 7 inci yang sangat atraktif dan informatif, plus Dual Zone Auto AC.

Pada setir kemudi, terdapat Steering Switch yang berfungsi untuk mengendalikan sistem audio dengan mudah tanpa mengurangi konsentrasi mengemudi. Selain itu, ada pula fitur Electronic Parking Brake yang akan memudahkan Anda ketika parkir. Lalu, ada juga fitur Drive Mode dan fitur EV Mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Mesin Hybrid

Toyota Corolla Altis Hybrid 2023 menggunakan mesin 2ZR-FXE 4 silinder in-line dan 16 valve bertipe DOHC dengan teknologi VVT-i dan memiliki kapasitas daya sampai 1.798 cc. Mobil elektrifikasi ini memiliki kapasitas tangki hingga 43 liter.

Altis Hybrid disematkan teknologi EFI sebagai sistem pemasukan bahan bakar bensin, dipadu dengan transmisi otomatis (A/T) CVT. Tenaga maksimal yang dihasilkan mencapai 95 PS per 5.200 rpm dengan torsi maksimal sebesar 14.47 Kgm per 4.000 rpm. 

Mobil Hybrid ini mengandalkan suspensi MacPherson Strut pada bagian depan dan suspensi Double Wishbone pada bagian belakang. Dengan suspensi tersebut, stabilitas mobil sedan Corolla Altis ini lebih terjamin dan mampu meredam getaran yang terjadi ketika Anda berkendara. Ditambah lagi rem Ventilated Disc dan Solid Disc.

4. Fitur Keselamatan

Selain kenyamanan, All New Corolla Altis juga memiliki fitur keamanan seperti Clearance Sonar System dengan teknologi 6 sensor ultrasonik yang terletak di bagian depan dan belakang. Teknologi ini berfungsi mengidentifikasi objek sekitar (termasuk kendaraan lain) untuk meminimalisir potensi tabrakan.

Terdapat pula fitur Blind Spot Monitor (BSM) yang dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi setiap objek yang berada di posisi blind spot menggunakan teknologi radar.

Lalu ada juga Adaptive Cruise Control, Pre Collision System (PCS), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA), untuk mendeteksi adanya kendaraan atau objek lain di sisi belakang.

Disematkan pula fitur Lane Departure Alert with Steering Control dalam bentuk peringatan secara visual dan suara yang tentunya sangat membantu Anda dalam mengemudi. Kemudian, ada fitur Automatic High Beam (AHB) yang mampu mengidentifikasi posisi kendaraan di sekitar ketika berkendara di malam hari.

Di samping itu, Toyota Corolla Altis melekatkan fitur keselamatan andal pada bagian rem seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking-Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), hingga Vehicle Stability Control (VSC).

5. Harga

Harga Toyota Corolla Altis Hybrid kini dibanderol mulai dari Rp 620.100.000 untuk tipe non premium color. Sedangkan premium color dijual dengan harga sebesar Rp 623.100.000 di pasar otomotif Indonesia.

Pilihan Editor: Tol Bocimi Km 64 Longsor, Isuzu Panther Terperosok dan Truk Terguling

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi