Jasa Marga Berlakukan Diskon Tarif Tol Arus Balik dari Semarang Menuju Jakarta
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 17 April 2024 14:00 WIB
Kendaraan arus balik arah Jakarta terjebak kemacetan di GT Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat, Minggu 14 April 2024. Berdasarkan Survei Potensi Pergerakan Masyarakat Pada Masa Lebaran Tahun 2024 yang dirilis Kementerian Perhubungan, pada puncak arus balik lebaran 2024 tanggal 14 April 2024 diperkirakan sebanyak 41 juta orang atau sekitar 21,2 persen dari total pemudik akan kembali ke kota masing-masing. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Puncak arus balik mudik lebaran 2024 memang dinilai telah usai. Polisi telah menyelesaikan rekayasa lalu lintas berupa one way dari Semarang menuju Cikampek.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski begitu, Jasa Marga sepertinya masih memprediksi ada kendaraan yang belum kembali ke Jabodetabek. Oleh karenanya pemudik yang baru akan melakukan perjalanan balik hari ini atau 17 April 2024, mendapat keuntungan karena bertepatan dengan dimulainya diskon tarif tol sebesar 20 persen.

Potongan atau diskon tarif tol 20 persen diberikan untuk perjalanan menerus dari Semarang menuju Jakarta via Jalan Tol Trans-Jawa bagi semua golongan kendaraan. Kebijakan ini resmi berlaku dari 17 April 2024 pukul 05.00 WIB hingga Jumat, 19 April 2024 pukul 05.00 WIB.

Masyarakat yang akan kembali ke Jakarta, bisa menikmati disko tarif tol dengan syarat melakukan perjalanan menerus dan melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama.

"Potongan tarif tol 20% untuk Jalan Tol Trans Jawa tersebut hanya berlaku untuk perjalanan menerus dari Semarang menuju Jakarta, bagi pengguna jalan yang melakukan tap in dari GT Kalikangkung dan melakukan tap out di GT Cikampek Utama, ya," tulis instagram @official.jasamarga.

Selain itu, potongan tarif hanya akan berlaku jika transaksi dilakukan dengan menggunakan uang elektronik (e-toll), dan tidak berlaku bila transaksi saldo kurang atau tidak terbaca asal dan golongan kendaraan.

Oleh sebab itu, pemudik baiknya sebelum memulai perjalanan, pastikan kecukupan saldo e-toll minimal Rp 500.000 untuk kendaraan golongan I yang melakukan perjalanan dari Semarang ke Jakarta guna menghindari kekurangan saldo saat transaksi di GT Cikampek Utama dan menghindari antrean di gerbang tol.

Pilihan Editor: Puncak Arus Balik Lebaran 2024: 437.979 Kendaraan Lintasi Tol Trans Sumatra

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi