Mobil Klasik dan Sport Dipamerkan untuk Rayakan 50 Tahun Porsche Turbo
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 19 April 2024 18:16 WIB
Pameran mobil klasik dan mobil sport Porsche. (Dok Porsche)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Porsche menghadirkan pameran mobil klasik dan mobil sport di Retro Classics, Stuttgart, pada 25-28 April 2024. Pameran ini digelar untuk merayakan hari jadinya Beyond Performance - 50 Years of Porsche Turbo.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Tahun ini kami merayakan ulang tahun ke-50 Turbo di Retro Classics. Tidak ada model lain yang mencerminkan dorongan inovatif perusahaan seperti turunan Turbo," kata Direktur Porsche Heritage and Museum Achim Stejskal dalam siaran pers yang diterima Gooto hari ini, Jumat, 19 April 2024.

Pada 1974, pabrikan mobil sport tersebut menghadirkan seri pertama 911 Turbo di Paris Motor Show. Itu merupakan teknologi yang bermigrasi dari motosport ke produksi seri dengan ciri khas gaya Porsche.

"Kami sangat senang bisa menunjukkan kepada pengunjung kendaraan yang selalu terdepan pada masanya," ujar Stejskal.

Di Stand A74 di Hall 1, Porsche akan menampilkan 911 Turbo pertama yang mengantarkan Porsche memasuki era baru. Model pertama dari jenisnya yang dipamerkan adalah Porsche 911 Turbo No. 1, yang diterima Louise Piech sebagai hadiah ulang tahun ke-70 pada musim panas 1974.

Berbeda dengan model Turbo yang ditawarkan oleh pabrikan sejak musim semi 1975, hadiah Piech memiliki bodi sempit seperti 911 Carrera. Jantung pacunya mengeluarkan tenaga 176 kW atau setara 240 PS, dan menampilkan logo Carrera, bukan logo Turbo.

Mobil selanjutnya yang dipamerkan adalah 911 Turbo 3.0 Coupe tahun 1975. Mobil berwarna Silver Green Diamond ini salah satu dari 30 Turbo pertama yang diselesaikan dalam produksi seri. Kaca spionnya cocok dengan kaca Carrera dan dicat dengan warna eskterior, sedangkan sayap yang lebih lebar dilas ke bodi dengan tangan.

Kemudian ada juga model 911 GT2 dengan ekstensi sayap dan air intake tambahan untuk menyediakan udara yang cukup bagi mesin Turbo, dan sayap belakang yang dapat disesuaikan memiliki bukaan samping.

Perlengkapan di mobil sport tahun 1996 ini sangat sederhana, di mana pintu dan kap mesin terbuat dari alumunium, jendela belakang dan samping terbuat dari kaca tipis, dan pabrikan sepenuhnya tidak menggunakan bahan isolasi.

Selanjutnya ada model 911 GT1 tahun 1998, yang merupakan mobil balap ringan dengan bobot hanya 970 kilogram. Lalu, ada juga model 911 Turbo S yang merupakan salah satu dari hanya 435 model yang dibuat oleh Porsche Exclusive.

Porsche juga memamerkan 911 Turbo S "Duet" tahun 2020 yang merupakan produk kerja sama dengan pabrikan pesawat Embraer. Tak hanya kendaraan, Porsche juga menampilkan dua mesin turbonya, yakni mesin turbo generasi kedua tahun 1988 dan mesin generasi ketujuh.

Pilihan Editor: Penjualan Mobil Chery di Q1 Naik 60 Persen, Laku 529.604 Unit

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi