PLN dan Pemkot Bogor Sediakan SPKLU Buat Angkot Listrik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Sabtu, 20 April 2024 14:00 WIB
Ilustrasi angkot listrik DFSK Gelora E. (DFSK)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT PLN (Persero) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) bagi Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (Alibo). Pemkot Bogor sudah menguji coba lima unit angkot listrik itu sejak 4 April hingga 3 Juli 2024.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan bahwa ini merupakan SPKLU angkot listrik komersial pertama yang beroperasi di Indonesia. Kehadiran SPKLU ini diharapkan dapat mendukung implementasi transformasi angkutan umum ramah lingkungan di Kota Bogor.

"Salah satu yang fenomenal dari angkot di Kota Bogor ialah polusinya dan sudah bangkotan. Angkot sudah reyot dibiarkan beroperasi, susah sekali menghentikannya," kata Bima, dikutip Gooto dari Tempo.co hari ini, Sabtu, 20 April 2024.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan bahwa penambahan SPKLU di Bogor bertujuan memfasilitasi angkutan umum berbasis listrik tersebut. Dia menilai bahwa angkot listrik ini mampu mengurangi emisi karbon dari kendaraan bermotor.

"Fokus PLN tidak hanya terhadap kendaraan listrik pribadi, tetapi juga mendukung angkutan umum berbasis listrik dengan terus menyediakan infrastruktur yang memadai," ucap Darmawan.

Menurut Darmawan, angkot listrik ini sejalan dengan target Net Zero Emissions 2060 sekaligus mendukung ketahanan energi nasional yang dicanangkan pemerintah.

"Jika uji coba angkutan umum perkotaan berbasis listrik di Kota Bogor berhasil, tentu akan menjadi contoh penerapan angkutan umum listrik di wilayah lain," tutup dia.

DICKY KURNIAWAN | TEMPO.CO

Pilihan Editor: Max Verstappen Juara Sprint Race Formula 1 Cina 2024, Lewis Hamilton P2

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi