Mobil Tak Bisa Starter Padahal Aki Bagus, Begini Cara Mengatasinya
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 21 April 2024 13:00 WIB
Ilustrasi wajah tegang wanita saat mengemudi.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil tidak bisa starter menjadi salah satu masalah yang kerap dihadapi pemilik kendaraan. Meski aki masih dalam keadaan bagus dan daya listrik cukup, namun starter mobil bisa saja tidak bisa digunakan saat ditekan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Auto2000 hari ini, Minggu, 21 April 2024, ada beberapa penyebab masalah mobil tidak bisa distarter. Mulai dari masalah dengan starter mobil, kabel-kabel yang longgar atau rusak, hingga masalah pada ignition switch atau sakelar pengapian.

Selain itu, penyebab lainnya bisa juga ada masalah pada relay starter dan sistem bahan bakar tidak optimal. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil tidak bisa starter.

Berikut tips mengatasi masalah mobil yang tidak bisa starter menurut Auto2000:

1. Periksa Kelistrikan Mobil Secara Menyeluruh

Pastikan semua kabel dan konektor kelistrikan terhubung dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Periksa juga keberadaan sekring yang mungkin rusak dan ganti jika diperlukan. Pastikan juga tidak ada kebocoran arus atau korsleting yang dapat mengganggu aliran listrik dalam sistem.

2. Periksa Kondisi Kabel dan Sambungan Kelistrikan

Periksa kondisi kabel dan sambungan kelistrikan yang terhubung dengan starter motor dan aki. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas, terputus, atau longgar.

Kabel yang rusak atau longgar dapat mengganggu aliran listrik yang diperlukan untuk memulai mesin. Jika ditemukan kabel yang rusak atau longgar, perbaiki atau ganti segera di bengkel resmi.

3. Periksa Sistem Starter dan Komponennya

Periksa juga sistem starter dan komponennya, seperti starter motor, relay starter, dan sakelar starter. Pastikan starter motor berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan atau keausan yang dapat menghambat proses starter.

Pilihan Editor: Formula 1 Cina: Verstappen Raih Pole, Lewis Hamilton Start di Belakang

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi