Harga Langganan Baterai VinFast Sebesar Rp 1,5 Juta per 3 Ribu Km
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Selasa, 23 April 2024 19:00 WIB
Mobil VinFast hadir pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis 15 Februari 2024. VinFast merupakan merek mobil yang dikelola oleh Vingroup, perusahaan real estate terkemuka di Vietnam. Dengan target produksi 500.000 kendaraan di Vietnam pada tahun 2025, VinFast menunjukkan ambisi besar dalam industri otomotif. VinFast berhasil mendapatkan pinjaman sebesar US$ 800 juta dari Credit Suisse Group untuk mendirikan fasilitas perakitan di kota Haiphong, Vietnam. TEMPO/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - VinFast masuk ke pasar mobil listrik dengan ketentuan berlangganan baterai. Strategi ini diklaim menjadi pembeda bagi VinFast dibandingkan dengan merek-merek kendaraan listrik lainnya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

“Saat produsen mobil besar kini berencana untuk mengadopsi program berlangganan baterai, VinFast sudah jauh lebih maju. Kami memperkenalkan ketentuan ini sejak awal perjalanan kendaraan listrik mereka, didorong oleh visi menjadikan mobilitas listrik sebagai pilihan yang aman dan dapat diakses oleh semua orang,” ujar CEO VinFast indonesia, Tran Quoc Huy dalam keterangan resminya.

Dalam survei internal, VinFast menyebut pendekatan baterai berlangganan ini secara efektif menghilangkan hambatan biaya dan psikologis bagi konsumen Vietnam yang mempertimbangkan peralihan ke mobil listrik.

“Dengan memisahkan biaya baterai dari harga pembelian kendaraan, VinFast secara signifikan mengurangi biaya awal. Hal ini memberikan manfaat ganda: peningkatan arus kas dan peluang investasi jangka panjang dengan uang yang dihemat,” ungkap Tran Quoc Huy.

Tran menambahkan, bagi mereka yang membiayai kendaraannya secara pribadi, harga jual awalnya akan lebih rendah dan pembayaran pinjaman bulanannya berkurang sehingga meringankan beban keuangan pribadi.

Selain pengurangan biaya awal, ketentuan berlangganan baterai mobil listrik VinFast menawarkan manfaat yang signifikan sepanjang periode kepemilikan. Salah satu kekhawatiran utama bagi pengemudi kendaraan listrik adalah biaya pemeliharaan dan penggantian baterai.

Di Indonesia, ketentuan VinFast mencakup perawatan dan penggantian baterai gratis jika kapasitasnya turun di bawah 70 persen. Hal ini menghilangkan kekhawatiran mengenai penurunan kualitas baterai dan biaya terkait, sehingga memberikan keuntungan ekonomi dan rasa aman bagi pengguna.

Dari segi biaya berlangganan baterai dan pengisian daya, mobil listrik VinFast tetap jauh lebih murah untuk dioperasikan dibandingkan kendaraan bertenaga bensin di kelas yang sama. Nantinya pelanggan Indonesia hanya perlu membayar biaya langganan bulanan mulai Rp 1.500.000 untuk perjalanan hingga 3.000 km.

Pilihan Editor: 3 Kekhawatiran Max Verstappen Sebelum Juara Formula 1 Cina

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi