Balap e-Karting Bakal Digelar di IKN Nusantara pada Oktober 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 25 April 2024 09:00 WIB
Arsitektur Istana Kepresidenan di IKN karya Nyoman Nuarta. (Dok. Nyoman Nuarta)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan bahwa pihaknya bersiap untuk menghadirkan kejuaraan balap Electrik Karting (e-Karting) Race di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, pada Oktober 2024. Dalam balapan ini, IMI akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kejuaraan e-Karting ini melanjutkan kesuksesan Elektrik Karting Race 2023 yang diselenggarakan pada Desember 2023 di Sirkuti EV PUPR Bandung, Jawa Barat.

Untuk penyelenggaraan balap E-Karting di IKN Nusantara, IMI bersama Kementerian PUPR akan membangun sirkuit EV di IKN. Pembangunan sirkuit akan menyesuaikan sirkuit EV PUPR di Bandung, dengan panjang 986 meter dan lebar 8 meter.

Sirkuit EV ini akan menerapkan beberapa teknologi perkerasan jalan seperti aspal porous, aspal plastik, aspal karet, beton porous, perkerasan Fly Ash Bottom Ash (FABA), dan timbunan ringan.

"Kehadiran sirkuit EV menjadi wadah bagi masyarakat IKN Nusantara dalam menyalurkan hobi balapnya, sehingga dari IKN Nusantara dapat lahir atlet balap berkualitas internasioal yang dapat mengharumkan nama bangsa. Sekaligus menjadi destinasi sport automotive tourism yang dapat memberikan multiplier effect economy bagi masyarakat," kata Bamsoet dalam Rapat Pleno ke-2 IMI Tahun 2024 di Jakarta, Senin, 22 April 2024.

Bamsoet juga mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah 2 seri Kejuaraan Motocross Dunia MXGP 2024. Seri pertama digelar di Sirkuit Internasional Samota, Sumbawa pada 30 Juni 2024 dan seri kedua digelar pada 7 Juli 2024 di Sirkuit Internasional Selaparang, Lombok.

Indonesia akan menggelar balap MXGP pada seri 11 dan 12. Hanya ada dua negara yang bisa menggelar dua seri balap MXGP, yakni Indonesia dan Italia, yang mana dua seri Italia berlangsung untuk seri 3 dan 4.

Pilihan Editor: MotoGP: Alex Marquez Masih Kesulitan dengan Motor Ducati GP23

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi