Mazda6 Listrik Usung Nama EZ-6, Akan Hadir di Beijing Auto Show 2024
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Kamis, 25 April 2024 15:00 WIB
Sedan listrik Mazda EZ-6. (Dok Mazda Jepang)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Gambar pertama sadan Mazda6 listrik beredar di media sosial Cina dan mengungkap nama serta desain model dari sedan listrik tersebut. Mobil listrik ini bakal mengusung nama Mazda EZ-6 dan varian range-extender diberi nama Mazda EZ-60.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Melansir laman Carscoops hari ini, Kamis, 25 April 2024, Mazda EZ-6 akan memasuki pasar Tiongkok di tahun depan. Sementara, debut atau pengenalan pertama sedan listrik ini akan berlangsung di Beijing Auto Show 2024.

Sebelumnya, perusahaan patungan Mazda di Cina dengan Changan telah mengungkapkan siluet teaser dari sedan listrik ini, dengan memperlihatkan bagian lampu belakangnya. Model ini disebut sebagai calon penerus Mazda6 yang telah dihentikan produksinya, dan diperkirakan akan diproduksi terbatas di Cina.

Mazda telah mengonfirmasi bahwa mereka akan hadir dalam varian full electric dan range extender. Sejumlah model tersebut bakal dibangun di atas platform yang dikembangkan oleh Changan. 

Dalam teaser yang dirilis, mobil listrik ini terlihat memiliki profil aerodinamis sedan dan garis karakter yang berbeda. Lampu belakangnya lebar dan penuh, yang terletak di bawah spoiler belakang, sementara grille khasnya diapit oleh sepasang lampu depan bergaya agresif.

Changan Mazda sebelumnya telah mengumumkan debut dua model terbarunya di tahun ini, dengan nama kode internal J90A (full listrik) dan J90A-REEV (range-extender). Model tersebut akan diikuti peluncuran model J90K dan J90K-REEV di tahun 2025.

Mazda telah mendaftarkan merek dagang papan nama EZ-6 dan EZ-60 di Cina. Nama pertama kemungkinan akan menjadi model sedan listrik dan nama kedua kemungkinan diperuntukkan bagi SUV listrik.

Media Cina melaporkan bahwa Mazda baru ini akan menggunakan arsitektur EPA 1 Changan yang sudah mendasari sedan Deepal/Shenlan SL03 dan SUV S7. Platform ini kompatibel dengan powertrain yang sepenuhnya listrik dan range extender, dengan mesin bensin empat silinder 1,5 liter untuk model range extender.

Di Eropa, produsen mobil tersebut baru-baru ini memberi merek dagang pada moniker Mazda 6e, sehingga memicu rumor tentang generasi baru sedan menengah tersebut. Tidak jelas apakah model ini akan terkait dengan sedan berbasis di Changan atau akan menjadi penawaran terpisah yang dirancang untuk pasar barat.

Changan Mazda belum memberikan tanggal pasti debut sedan barunya, hanya menyatakan model ini akan segera hadir. Namun, selama Konferensi Mitra Global Mobil Changan 2024 Januari lalu, ketua Zhu Huarong mengonfirmasi bahwa kendaraan listrik tersebut akan diperkenalkan di Beijing Auto Show 2024, yang dibuka pada 25 April.

DICKY KURNIAWAN | CARSCOOPS

Pilihan Editor: MotoGP: Alex Marquez Masih Kesulitan dengan Motor Ducati GP23

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di membership.tempo.co/komunitas pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi