IKN Bakal Usung Konsep Transportasi Masa Depan, Targetkan Jadi Kota 10 Menit
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 26 April 2024 13:30 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau langsung progres pembangunan Kantor Presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat, 1 Maret 2024. Kantor Presiden baru ini diharapkan menjadi ikon Ibu Kota Nusantara, terutama dengan adanya burung Garuda yang menjadi simbol infrastruktur di tengah Kota Nusantara. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Intelligent Transport System (ITS) Indonesia bekerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) untuk menggelar forum pertemuan dengan ratusan calon investor bidang transportasi dari luar dan dalam negeri untuk IKN. Pertemuan ini bertujuan memperkenalkan konsep "Kota Masa Depan" dengan fokus pada implementasi sistem transportasi cerdas.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ketua OIKN Bambang Susantono mengatakan bahwa pembangunan Nusantara ini penting bagi Indonesia dan dunia. Dia juga memberikan gambaran sistem transportasi Nusantara 20 tahun ke depan, yang akan diisi oleh kendaraan nirawak, logistik drone, integrated command center, kendaraan listrik, hingga taksi terbang.

"Pembangunan Nusantara bukan hanya untuk mentransformasi bangsa Indonesia, tetapi juga memberikan inspirasi pada dunia untuk hidup lebih baik, lebih berkelanjutan, serta siap untuk mengatasi tantangan global di masa depan," ujar Bambang dalam siaran pers yang diterima Gooto hari ini, Jumat, 26 April 2024.

Presiden ITS Indonesia William P. Sabandar mengatakan bahwa forum pertemuan ini penting dilakukan sedini mungkin untuk mengenalkan konsep IKN pada investor. Kemudian, dia juga menyoroti pentingnya kolaborasi lintas sektor antara pemerintah, sektor swasta, dan akademisi dalam menciptakan solusi yang holistik untuk mobilitas perkotaan yang lebih baik.

"Familiarisasi ini merupakan bukti komitmen dedikasi kami untuk menjadikan ibu kota baru sebagai pusat peradaban modern yang berkelanjutan," ucap William.

Para panelis dalam forum ini juga menjelaskan soal konsep 10 Minutes City atau Kota 10 Menit, yang sangat mungkin diwujudkan melalui perencanaan kota serta integrasi berbagai macam sistem transportasi cerdas. Konsep ini menjabarkan soal 80 persen perjalanan di IKN akan difasilitasi oleh transportasi umum, sehingga seluruh tujuan masyarakat dapat dicapai dalam waktu 10 menit, serta medorong lingkungan perkotaan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Sesi ini diadakan dalam rangka persiapan acara ITS Asia Pasifik Forum ke-19 tahun 2024, yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 28 hingga 30 Mei 2024. Forum ini akan membahas urgensi untuk mengembangkan solusi inovatif yang tidak hanya canggih secara teknologi, tetapi juga berkelanjutan untuk masa depan di masyarakat di Asia-Pasifik.

Pilihan Editor: MINI Countryman Electric Mulai Produksi di Leipzig

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi