MINI Countryman Electric Mulai Produksi di Leipzig
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 3 Maret 2024 06:57 WIB
MINI Countryman Electric produksi perdana di BMW Group Plant Leipzig, menjadikan fasilitas kini memproduksi 350.000 unit pertahun. (Foto: BMW Group)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaElektrifikasi berlanjut di fasilitas produksi BMW Group Plant Leipzig. Adapun empat bulan setelah meluncurkan produksi MINI Countryman bermesin bakar, versi mobil listrik kini juga diluncurkan di Leipzig. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setelah menghentikan produksi BMW i3 secara bertahap, tempat lahirnya mobilitas listrik di Grup BMW telah menyambut satu lagi mobil listrik ke dalam jajaran produknya. Kini di  BMW Group Plant Leipzig memproduksi empat model dengan tiga tipe penggerak dari dua merek, semuanya dalam satu lini produksi: BMW Seri 1, BMW Seri 2 Active Tourer (termasuk versi hybrid plug-in), BMW Seri 2 Gran Coupe, dan MINI Countryman dalam versi sepenuhnya bertenaga listrik dan bermesin bakar.

MINI Countryman Electric produksi perdana di BMW Group Plant Leipzig. (Foto: BMW Group)

MINI Countryman Electric mewakili langkah besar dalam transisi merek MINI menuju elektrifikasi penuh pada tahun 2030 dan menggabungkan nuansa go-kart elektrifikasi dengan mobilitas tanpa karbon.

Memungkinkan produksi hingga 350.000 unit per tahun – 100.000 lebih banyak dari sebelumnya – fasilitas produksi BMW Group Plant Leipzig terus ditingkatkan sejak tahun 2018, dengan penambahan dan peningkatan ekstensif pada bengkel bodi, bengkel cat, perakitan, dan logistik. 

“Mobil dan komponen kami sangat banyak peminatnya. Dalam beberapa tahun terakhir, BMW Group telah menginvestasikan sekitar 1,6 miliar euro di pabrik Leipzig untuk memproduksi kendaraan tambahan dan komponen listrik, dan sekarang kami juga meningkatkan volume kendaraan – yang merupakan kabar baik bagi pabrik kami,” ujar Petra Peterhänsel, Plant Director BMW Group Plant Leipzig.

MINI Countryman Electric produksi perdana di BMW Group Plant Leipzig tengah melakukan pengisian baterai. (Foto: BMW Group)

Pendorong utama di balik peningkatan volume produksi ini adalah MINI Countryman. Selama tahun 2024, produksinya akan meningkat hingga hampir 500 unit per hari – melebihi 800 atau lebih kendaraan BMW yang diproduksi oleh pabrik tersebut. Terlebih lagi, berkat sistem produksinya yang fleksibel, Pabrik Leipzig mampu merespons permintaan pelanggan dengan cepat, misalnya dengan meningkatkan pangsa kendaraan listrik.

Dengan peluncuran produksi MINI Countryman Electric, ketiga tahapan proses produksi baterai tegangan tinggi Gen 5 kini diwakili di BMW Group Plant Leipzig: pelapisan sel, produksi modul, dan perakitan baterai. 

Operasional ketiganya saat ini sedang ditingkatkan, dengan lima lini produksi sel, tiga lini produksi modul, dan dua lini produksi baterai tegangan tinggi.

Pilihan Editor: Mini Cooper Tiga Pintu Terbaru Masih Main Mesin Bensin

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi