2 Kunci yang Buat Penjualan Mobil Listrik Terus Bertumbuh
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 28 April 2024 16:43 WIB
Mobil listrik Xiaomi SU7. (Foto: Xiaomi)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Penjualan mobil listrik global pada kuartal pertama 2024 bertumbuh 25 persen atau lebih dari 3 juta unit. International Energy Agency (IEA) memperkirakan pertumbuhan penjualan mobil listrik hingga akhir tahun ini akan mencapai 17 juta unit.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

IEA juga mengungkapkan bahwa ada dua kunci agar penjualan mobil listrik terus bertumbuh, yakni harga yang terjangkau dan ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Waktu yang berkesinambungan di balik mobil listrik jelas menurut data kami, meski lebih kuat di sejumlah pasar dibandingkan lainnya," kata Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol, disitat dari Antara hari ini, Minggu, 28 April 2024.

Menurut IEA, kecepatan transisi mobil listrik bergantung pada keterjangkauan harga. Ketersediaan SPKLU juga memegang peranan penting bagi pertumbuhan penjualan mobil listrik, di mana di tahun 2023 pemasangan SPKLU global meningkat 40 persen dibandingkan tahun 2022.

Berdasarkan wilayah, IEA memperkirakan penjualan mobil listrik di Cina akan mencapai 10 juta unit atau 45 persen dari total penjualan mobil di negara tersebut. Sementara, di Amerika Serikat, satu dari sembilan mobil yang terjual akan berasal dari segmen kendaraan listrik.

Kemudian, penjualan mobil listrik di Eropa cenderung menurun, namun setidaknya satu dari empat mobil terjual adalah kendaraan listrik.

Pada tahun 2024, penjualan mobil listrik global mencapai hampir 14 juta unit. Negara dengan kontribusi penjualan terbesar berasal dari Cina, Eropa, dan Amerika Serikat. Selain itu, ada dua negara yang pasar kendaraan listriknya tengah berkembang, yakni Vietnam dan Thailand.

Dengan berbagai kebijakan di setiap negara tahun ini, setiap mobil yang terjual pada 2035 diharapkan merupakan kendaraan listrik. Jika kebijakan iklim dan energi di berbagai negara berjalan sesuai jadwal, maka dua dari tiga mobil terjual pada 2035 adalah mobil listrik.

DICKY KURNIAWAN | ANTARA

Pilihan Editor: Bagnaia Tercepat di Practice MotoGP Spanyol, Dibuntuti Vinales dan Marc Marquez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi