Ketahui Waktu yang Tepat untuk Servis CVT Motor Matik
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Senin, 29 April 2024 13:00 WIB
Kepala mekanik Ahass Putera Merdeka Cibubur, Anvany Irawan sedang melakukan servis CVT pada Honda Beat pada Rabu, 2 Januari 2019. TEMPO/Wisnu Andebar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - CVT (Continously Variable Transmission) merupakan salah satu bagian inti dari motor matik. Jika terdapat komponen pada CVT yang tidak berfungsi dengan baik, maka dapat membuat performa motor menjadi tidak maksimal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Bagian CVT ini perlu dilakukan servis secara rutin untuk menghindari terjadinya kerusakan maupun performa yang tidak maksimal pada motor matik. 

Lantas kapan waktu yang tepat untuk servis CVT pada motor matik? Melansir laman Wahana Honda hari ini, Senin, 29 April 2024, waktu tepat servis CVT sebaiknya disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrik.

Sebagian besar produsen motor memberikan saran untuk melakukan servis CVT antara jarak tempuh 5.000 km sampai dengan 10.000 km. Namun, ada juga produsen yang menyarankan servis CVT secara berkala setiap tiga bulan atau lebih.

Selain rekomendasi pabrikan, ada juga beberapa tanda bahwa motor matik perlu dilakukan servis CVT. Berikut tanda-tandanya:

1. CVT Berisik Saat Bergerak

Jika muncul suara aneh dari bagian CVT saat motor sedang melaju, maka itu bisa menjadi pertanda bahwa komponen CVT perlu diservis.

2. Perubahan Kinerja Mesin

Jika mesin motor tidak lagi responsif, seperti lambat merespons ketika menekan gas, maka ini bisa menjadi tanda bahwa CVT membutuhkan perhatian khusus dan mungkin perlu diservis.

3. Berat Saat Dikendarai

Jika merasa motor matik terasa berat saat berjalan, ini bisa menjadi tanda bahwa CVT sudah mulai susah berfungsi dan perlu dilakukan servis.

4. Bahan Bakar Boros

Jika konsumsi bahan bakar motor matik tiba-tiba meningkat, ini bisa menjadi tanda bahwa CVT membutuhkan perhatian lebih dan perlu diservis. 

Pilihan Editor: Hasil MotoGP Spanyol: Bagnaia Menangkan Pertarungan dengan Marc Marquez

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi