Kunjungi PEVS 2024, Jokowi: Pabrik Baterai Mulai Produksi Bulan Depan
Reporter: Gooto.com
Editor: Rafif Rahedian
Jumat, 3 Mei 2024 19:26 WIB
Jokowi hadir di PEVS 2024. (Gooto/Rafif Rahedian)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alias Jokowi mengunjungi pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS 2024) hari ini, Jumat, 3 Mei 2024. Bersama Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia sekaligus Ketua Umum Periklindo, Moeldoko, Jokowi menyambangi satu per satu booth motor listrik dan mobil listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Pameran kendaraan listrik saya lihat sangat bagus sekali. Kalau kita lihat, misalnya sepeda motor listrik kita punya kapasitas 1,6 juta per tahun. Sekarang baru terisi yang diproduksi di sini baru kurang lebih 100 ribu. Artinya, masih ada peluang yang sangat besar sekali," kata Jokowi di PEVS 2024.

Lebih lanjut Jokowi juga menjelaskan bahwa pabrik baterai di Indonesia mulai beroperasi pada bulan depan. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga menjabarkan jumlah pabrik yang sudah memproduksi kendaraan listrik secara lokal sampai tahun ini. 

"Nanti bulan depan itu pabrik industri baterai sudah mulai diproduksi sehingga kita harapkan ekosistem ini segera terbangun dan terbentuk. Kita senang saat sepeda motor listrik yang diproduksi di sini sekitar 59 pabrikan. Kemudian mobil listrik 5, bus juga ada satu, truk juga satu," jelas Jokowi.

Jokowi juga berbicara soal tingkat komponen dalam negeri (TKDN) yang rata-rata sudah mencapai 40 persen. Menurut ayah Gibran Rakabuming Raka tersebut, ini menjadi langkah awal untuk mempercepat ekosistem kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

"TKDN mobil sudah di atas 40 persen. kita pelan-pelan. Jangan minta langsung 80 persen, tapi yang terpenting ini sudah dimulai, sehingga nanti industri baterai listriknya jadi, pabrik mobil listrik dan sepeda motor listrik jadi, segera ekosistemnya terbentuk. daya saing yang ingin kita tuju adalah kita siap berkompetisi di arena global," tutup Jokowi.

Pilihan Editor: Pemain Timnas Indonesia U-23 Dapat Harga Khusus jika Ingin Beli Mobil Toyota

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi