Simak 6 Bahaya jika Oli Motor Mengering dan Habis
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Rafif Rahedian
Minggu, 5 Mei 2024 16:19 WIB
Kondisi sepeda motor M. Salim usai kecelakaan lalu lintas di Flyover Kuningan karena tertimpa bendera partai politik. Sumber: Istimewa
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Oli merupakan komponen krusial pada sepeda motor yang memiliki berbagai fungsi. Sejumlah fungsinya adalah sebagai pelumas, pembersih, pendingin, dan pelindung mesin motor.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Oli yang kering dipastikan akan berdampak buruk pada mesin motor, dan memancing kerusakan serius. Karena itulah oli perlu diganti secara berkala sebelum terlanjur kering dan habis.

Jika terjadi kehabisan oli, setidaknya ada 6 bahaya dan dampak yang akan terjadi kepada motor, seperti dikutip dari Wahana Honda. Berikut ulasannya:

1. Timbul Getaran dan Suara Aneh

Sebagai pelumas mesin, ketika oli kotor atau kering, maka mesin harus bekerja lebih keras. Hal ini akan mengakibatkan gesekan yang besar, sehingga menimbulkan getaran dan suara yang tidak nyaman dari motor.

2. Boros Bahan Bakar

Ketika mesin bekerja lebih keras akibat keringnya oli, mesin akan membutuhkan tenaga yang lebih besar, sehingga mengakibatkan pemborosan pada bahan bakar.  

3. Daya Tahan Mesin Turun

Oli juga berperan penting dalam menjaga daya tahan dan keawetan mesin. Oleh karena itu, terlambat mengganti oli bisa memendekkan usia mesin motor. 

Jika hal ini terjadi, pemiliknya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaiki berbagai komponen yang terdampak

4. Piston Alami Kerusakan

Oli yang mulai kering akan meningkatkan friction coefficient antara ring piston dan dinding silinder, sehingga mengakibatkan panas pada ruang bakar. Hal ini akan berujung pada akumulasi panas yang berlebihan (overheat).

5. Motor Mati Mendadak  

Keringnya oli membuatnya tidak bisa terdistribusi dengan baik, sehingga ring piston ikut mengering. Hal ini akan mengakibatkan matinya mesin motor secara mendadak sekalipun bensin masih terisi penuh.

6. Turun Mesin

Ini efek lanjutan jika oli mesin benar-benar habis, maka dipastikan motor bisa turun mesin. Seperti diketahui, biaya untuk memperbaiki motor yang turun mesin cukup besar. Bahkan jika kerusakannya parah, maka wajb mengeluarkan biaya sampai jutaan rupiah. 

Pilihan Editor: Verstappen Juara Sprint Race F1 Miami 2024, Lewis Hamilton Merusak Balapan

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi