Jajal Yamaha Fazzio Hybrid Rute Yogyakarta-Solo Konsumsi BBM Tembus 83 Km/Liter
Reporter: Erwan Hartawan
Editor: Kusnadi Chahyono
Rabu, 8 Mei 2024 13:00 WIB
Clan of Classy para pengguna Yamaha Fazzio di kota Solo. (Foto: Yamaha)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menggelar ajang Clan of Classy dengan menggunakan Yamaha Fazzio Hybrid Connected bersama beberapa awak media, komunitas dan influencer.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Gooto turut berkempatan menjajal seberapa irit konsumsi BBM dengan metode pengetesan full-to-full. Terlebih fitur hybrid-nya juga diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar lantaran didukung mesin bakar internal, serta tenaga dari baterai. 

Pengetesan dilakukan dengan menggunakan Fazzio tipe Neo, dengan postur penguji 165 cm dengan berat 70 Kg. Perjalanan dimulai dari Cafe Cosan Yogyakarta menuju The Apic, Solo, Jawa Tengah. 

Medan yang dilewati juga cukup beragam, diawali jalanan perkotaan yang padat, jalan antarkota yang lengang, sampai permukaan aspal yang tidak rata sampai berlubang.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIIM) menggelar ajang Clan of Classy dengan menggunakan Fazzio Hybrid Connected. (Foto: Yamaha)

Saat melaju di Jalan Raya Solo-Yogyakarta,rombongan penguji mengambil kecepatan di rata-rata 50 km/jam. Hanya berhenti di setiap lampu merah. Memasuki jalan alternatif pedesaan, rombongan melaju santai karena jalan yang tergolong sempit.

Saat berhenti, fitur Stop Start System otomatis mematikan mesin, sehingga memangkas konsumsi BBM. Lalu fitur Electric Power Assist membantu kinerja mesin saat awal akselerasi pada 3 detik pertama motor melaju.

Setelah sampai tujuan, Layar MID menunjukan jarak 92,3 kilometer. Dari kesepuluh media yang melakukan uji tes angka konsumsi BBM terendah mencatatkan 83.45 km/liter.

Total bensin yang terpakai 1,100 mililiter dari total kapasitas tangki bensin 5,1 liter. Jenis bensin yang digunakan adalah RON 92. 

Namun, angka tersebut tidak bisa dijadikan patokan, mengingat banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi BBM. Seperti dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, bobot penumpang, dan sebagainya.

Pilihan Editor: Harga Mio Lawas Jadi Bahan Gorengan, Begini Tanggapan Yamaha

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi