Honda Fokus ke BR-V untuk Mobil 7 Seater, Bagaimana Nasib Mobilio?
Reporter: Dicky Kurniawan
Editor: Rafif Rahedian
Rabu, 8 Mei 2024 15:00 WIB
Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan Honda Mobilio di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis 21 Februari 2019. Mobilio terbaru ini mengalami beberapa penyegaran dari model sebelumnya. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengaku akan memfokuskan segmen mobil 7 penumpang Honda pada model Honda BR-V. Padahal, Honda punya Mobilio yang juga mengisi segmen LMPV atau mobil 7 penumpang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Untuk kendaraan 7 penumpang, kami fokus pada segmen LSUV, yaitu Honda BRV yang sesuai dengan infrastruktur jalan di Indonesia yang memerlukan ground clearance yang lebih tinggi," kata Billy saat dihubungi Gooto hari ini, Rabu, 8 Mei 2024.

Namun Billy mengatakan bahwa saat ini Honda masih memasarkan Mobilio. Hanya saja, 90 persen penjualan mobil Mobilio ini ditujukan bagi pasar fleet.

"Honda Mobilio 90 persen untuk kebutuhan fleet sales aja. Untuk 7 penumpang kami fokus pada segmen LSUV," ujar Billy.

Untuk diketahui, saat ini Honda masih mencantumkan Mobilio di situs resmi Honda Indonesia. Mobil keluarga ini dipasarkan dalam satu model, yakni 1.5L M/T dengan harga Rp 239,6 juta on the road (OTR) DKI Jakarta.

Bicara penjualan, pada Januari 2024, Honda Mobilio terjual sebanyak 30 unit, kemudian di bulan Februari terjual 18 unit, dan di Maret 2024 terjual 146 unit. Secara total di kuartal pertama 2025, Honda Mobilio hanya terjual 194 unit. 

Penjualan mobil Mobilio terus terjun bebas dalam beberapa tahun belakangan ini. Padahal, di tahun kehadirannya, penjualan Mobilio tercatat lebih dari 79 ribu unit. Selain itu, hingga saat ini, MPV tersebut tak kunjung dapat perubahan sejak penyegaran terakhirnya pada 2019.

Tahun lalu, Billy juga sempat mengatakan bahwa angka produksi Mobilio memang terbatas. Pasalnya, saat ini Honda lebih mengutamakan produksi Brio yang memang memiliki permintaan tinggi. Kedua model ini, lanjut dia, memiliki kesamaan komponen sehingga produksi harus diprioritaskan pada salah satunya.

Pilihan Editor: Pertamina Bakal Bawa Rider Indonesia ke Akademi VR46, Langkah Awal Menuju MotoGP

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi