Tekan Karbon Produksi, Nissan Motor Gunakan Aluminium Daur Ulang
Reporter: Gooto.com
Editor: Kusnadi Chahyono
Minggu, 19 Mei 2024 15:00 WIB
Pelek Nissan akan diproduksi menggunakan alumunium daur ulang. (Foto: Nissan)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaNissan Motor Co., Ltd. pekan ini mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan suku cadang aluminium dengan emisi CO2 rendah yang terbuat dari aluminium ramah lingkungan atau aluminium daur ulang pada model baru dan terkini mulai tahun fiskal 2024 dan seterusnya dan bertujuan untuk menyelesaikan transisi penuh ke suku cadang tersebut pada tahun 2030.   

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aluminium menyumbang sekitar 10 persen dari berat kendaraan. Dengan menggunakan aluminium rendah emisi CO2, Nissan bertujuan mengambil langkah signifikan dalam mencapai netralitas karbon.

Nissan bertekad mencapai netralitas karbon di seluruh siklus hidup kendaraannya pada tahun 2050. 

Aluminium hijau diproduksi menggunakan listrik yang berasal dari bahan bakar non-fosil dan dapat mengurangi emisi CO2  selama produksi sekitar 50 persen. Selain itu, aluminium daur ulang dapat mengurangi emisi CO2 sekitar 95 persen. 

Nissan telah membeli lembaran aluminium rendah emisi CO2 untuk panel kendaraan yang diproduksi di Jepang dari Kobe Steel, Ltd. dan UACJ Corporation. Ke depannya, Nissan akan menggunakan aluminium dengan emisi CO2 yang rendah untuk  semua suku cadang aluminium, termasuk komponen yang diproses, secara global, untuk lebih mengurangi emisi CO2.

Untuk semua model baru yang diproduksi mulai tahun fiskal 2027, akan digunakan aluminium dengan emisi CO2 yang rendah. Untuk model saat ini, mulai tahun fiskal ini Nissan berencana untuk mulai membeli pelek, suku cadang sasis, suku cadang penggerak roda, dan kabel harness yang terbuat dari aluminium ramah lingkungan di Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa. 

Akibatnya, pada akhir tahun fiskal 2024, sekitar 20 persen aluminium tambang baru yang digunakan Nissan untuk suku cadang mobil yang dibeli di pasar tersebut diperkirakan akan diganti dengan aluminium ramah lingkungan atau aluminium daur ulang.

Nissan menempatkan keberlanjutan sebagai inti bisnisnya, dengan tujuan menciptakan dunia yang lebih bersih, aman, dan inklusif. Nissan akan terus mempercepat upayanya mewujudkan masyarakat berkelanjutan.

Pilihan Editor: Penjualan Mobil April 2024 Anjlok, Terendah dalam 3 Tahun Terakhir

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram pilih grup GoOto

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi